Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Menggunakan Power Point di SMA Yadika 6 Pondok Aren
DOI:
https://doi.org/10.36080/kresna.v4i1.117Keywords:
Peningkatan Kompetensi, Media Pembelajaran, Ms. Power PointAbstract
Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran telah menjadi hal yang penting dalam meningkatkan efektivitas dan daya tarik pembelajaran. Salah satu alat yang dapat digunakan adalah Microsoft PowerPoint, yang memungkinkan pembuat materi pembelajaran untuk menyajikan informasi dengan cara yang menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Namun, tidak semua tenaga pengajar memiliki keterampilan yang memadai dalam menggunakan PowerPoint untuk membuat materi pembelajaran yang efektif. Tujuan dilaksanakan pelatihan ini adalah untuk mengevaluasi dan meningkatkan kompetensi tenaga pengajar SMA Yadika 6 Pondok Aren dalam pembuatan media pembelajaran yang menarik menggunakan Power Point. Hasil dari pelatihan didapatkan nilai rata-rata untuk kepuasan terhadap materi yang disampaikan menunjukan nilai 86%, sedangkan nilai untuk nilai kepuasan terhadap intruktur pelatih dalam menyampaikan materi didapatkan hasil 90%. Dengan demikian kegiatan pelatihan yang dilakukan diharapkan dapat menambah wawasan dan membantu tenaga pendidik dalam menyiapkan materi pembelajaran dan pekerjaan sehari-hari.
Downloads
References
U. U. Albab, A. Nurkhamidi, A. Tarifin, F. Nurkhasanah, and A. Roya, “Kemampuan Professional Kepemimpinan Guru Pendidikan Islam Progressif,” Res. J. Teach. Prof. Dev., vol. 1, no. 2, pp. 121–134, 2023.
N. Juliasari, S. Amini, and I. Novita, “Pelatihan MS Office Lanjutan (Ms . Visio dan Ms . Publisher) Bagi Remaja Bekerja Sama Dengan Yayasan Mata Pena Advanced MS Office Training (Ms . Visio and Ms . Publisher) for Teenagers in collaboration with Mata Pena Foundation,” KRESNA, vol. 3, pp. 198–206, 2023.
A. S. Rois, “Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Edukasi Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bagi Jamaah Majelis Ta’lim Masjid Al-Huda Sumber,” BUDIMAS, vol. 5, no. 1, pp. 1–6, 2023.
M. I. L. Syaroh, “Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Perspektif Islam,” J. Publik Reform, vol. Vol 8, No, pp. 79–88, 2021.
N. Azizah and M. A. Rifky, “Konsep dan Falsafah Teknologi Pendidikan,” J. Pendidik. Sos. Hum., vol. 1, no. 1, pp. 61–71, 2023.
A. Ria and T. Djuhartono, “Pelatihan Aplikasi Software Zahir Akuntansi Di SMK Bisnis Dan Teknologi Bekasi Selatan,” J. PkM (Pengabdian Kpd. Masyarakat), vol. 6, no. 5, pp. 554–561, 2023.
H. Zaharan, K. Ummi, D. H. T. Yani, and E. Rahayu, “Pelatihan Pemanfaatan Aplikasi Power Point Dalam Pembuatan Media Interaktif di Pelajaran Bahasa Inggris Pada Guru –Guru SD YBS School,” J. Abdimas Maduma (JAM), vol. 2, no., pp. 7–13, 2023.
Y. T. Atmajaya, “Microsoft PowerPoint Sebagai Salah Satu Media Pembelajaran Interaktif,” https://pusdiklat.perpusnas.go.id/, 2021. [Online]. Available: https://pusdiklat.perpusnas.go.id/berita/read/78/microsoftpowerpoint-sebagai-salah-satu-media-pembelajaran-interaktif. [Accessed: 28-May-2024].
Malabay and M. Wiharto, “Menyajikan Presentasi Dalam Bentuk Video Untuk Bahan Ajar Dengan Microsoft Power Point,” J . A . I J. Abdimas Indones., vol. 2. no, pp. 141–146, 2022.
E. Permata, Y. R. D. M, and M. Fatkhurrokhman, “Pelatihan Komputer Microsoft Office dan Media Pembelajaran Animasi untuk Meningkatkan Kompetensi Guru SDIT Al Muhajirin,” DINAMISIA, vol. 5, no. 2, pp. 413–420, 2021.
J. Minardi and A. S. Akbar, “Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Power Point untuk Peningkatan Kompetensi Guru SD,” E-DIMAS, vol. 11, no. 1, pp. 96–100, 2020.