Penerapan Electronic Customer Relationship Management Berbasis Framework of Dynamic CRM Pada Toko Clashy

Authors

  • Athallah Hanif Prasetyo Universitas Budi Luhur
  • Agus Umar Hamdani Universitas Budi Luhur
  • Dian Anubhakti Universitas Budi Luhur
  • Samsinar Samsinar Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.36080/kresna.v3i1.71

Keywords:

Electronic Customer Relationship Management, Kepuasan Konsumen, Satisfaction, Framework of Dynamic CRM

Abstract

Clashy.id adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa perawatan kecantikan, kosmetik, dan perawatan pribadi untuk laki-laki dan perempuan dari berbagai usia. Saat ini, Clashy.id belum memiliki sistem online yang dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan terhadap pelanggan. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti menganalisis dan merancang sebuah sistem dengan menggunakan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) menggunakan pendekatan framework of Dynamic CRM dan dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan kerangka kerja Laravel. Sistem ini dirancang untuk mengelola hubungan antara Clashy.id dengan pelanggan dan meningkatkan pelayanan serta loyalitas pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, pengumpulan dokumen, perancangan prototype, serta memberikan kesimpulan dan saran. Hasil penelitian adalah sebuah prototype E-CRM yang mencakup fitur login, data pelanggan, pendaftaran online, kehadiran, konsultasi online, promosi, pengumuman, dan penanganan keluhan yang dapat memenuhi kebutuhan dan membantu kelancaran proses bisnis dan komunikasi bagi kedua belah pihak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dwiriani, V. and Sartana, B. T. “Analisa Dan Perancangan Customer Relationship Management (E-CRM) Pada SDIT Ar Rahman Dalam Meningkatkan Loyalitas dan Pelayanan,” Jurnal IDEALIS, 1(1), 2018, pp. 320–326.

Renaningtias, N. and Apriliani, D. ‘Penerapan Metode Prototype Pada Pengembangan Sistem Informasi Tugas Akhir Mahasiswa’, Rekursif: Jurnal Informatika, 2021.

Pramujaya, A. V. and Kurniawati, D. A. “Analisis Penyebab Kegagalan Packer Machine pada Bag Transfer System dengan Menggunakan Metode Fault Tree Analysis (FTA), Failure Mode and Effect Analysis (FMEA), dan Fishbone Analysis,” Conference on Industrial Engineering and Halal Industries (CIEHIS), 1(1). 2019, doi: 2715-5382.

Pujiastuti, L., Wulandika, S. and Solikhun, Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi dengan Macromedia Dreamweaver CS 6, PHP5 dan MySql. J. Simarmata. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Destriana, R., Husain, S. M. and Handayani, N., Diagram UML Dalam Membuat Aplikasi Android Firebase: Studi Kasus Aplikasi Bank Sampah, Ria Indriani, Yogyakarta: Deepublish, 2021

Khair, A., Rosalina, V. and S, S. ‘Rancang Bangun Sistem Informasi E-Commerce Dengan Penerapan Customer Relationship Management Berbasis Web’, PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, 8(2), 2021, pp. 60–85.

Novendri, M.S., Saputra, A. and Firman, F.C. ‘Aplikasi Inventaris Barang Pada MTS Nurul Islam Dumai Menggunakan PHP Dan MYSQL’, Lentera Dumai, 10(2), 2019, pp. 46–57.

Agustini and Kurniawan, wahyu joni ‘Sistem E-Learning Do’a dan Iqro’ dalam Peningkatan Proses Pembelajaran pada TK Amal Ikhlas’, Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer dan Informasi, 1(3), 2019, pp. 154–159.

Yusman, M., Hermanto, B. and Nagara ‘Sistem Informasi Manajemen Pada Pt. Hulu Balang Mandiri Menggunakan Framework Laravel’, Jurnal komputasi, 7(1), 2019, pp. 17–26.

Prahasti, P., Sapri, S. and Utami, F.H. ‘Aplikasi Pelayanan Antrian Pasien Menggunakan Metode FCFS Menggunakan PHP dan MySQL’, Jurnal Media Infotama, 18(1), 2022, pp. 154–160.

R. Mujiasti and R. D. Haryani, “Aplikasi Customer Relationship Management (CRM) Dengan Metode Framework Of Dynamic CRM,” J. Teknol., vol. 6, no. 1, pp. 33–46, 2014.

I. G. Ngurah, A. Ary, N. M. Estiyanti, and I. N. Y. Anggara, “Analisa Dan Perancangan E-CRM Jasa Bengkel Menggunakan Metode Dynamic CRM.”

A. Dwikanthi, H. Irawan, P. S. Informasi, F. T. Informasi, U. B. Luhur, and J. Selatan, “Penerapan Electronic Customer Relationship Management ( E-Crm ) Guna Meningkatkan,” pp. 88–105, 1973.

S. Alim, A. Hariyanto, N. Nugroho, P. Studi, S. Informasi, F. Teknik, and U. T. Indonesia, “Aplikasi Customer Relationship Management Menggunakan Pendekatan Framework Of Dynamic (Studi Kasus : PT Bintang Kharisma Motor Bandar Lampung),” vol. 2, no. 1, pp. 10–16, 2021.

Dwiriani, V. and Sartana, B. T. “Analisa Dan Perancangan Customer Relationship Management (E-CRM) Pada SDIT Ar Rahman Dalam Meningkatkan Loyalitas dan Pelayanan,” Jurnal IDEALIS, 1(1), 2018, pp. 320–326.

Downloads

Published

31-05-2023

How to Cite

Athallah Hanif Prasetyo, Agus Umar Hamdani, Dian Anubhakti, & Samsinar, S. (2023). Penerapan Electronic Customer Relationship Management Berbasis Framework of Dynamic CRM Pada Toko Clashy. KRESNA: Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 11–20. https://doi.org/10.36080/kresna.v3i1.71