Peningkatan Pelayanan Publik Desa Wanagiri Melalui SADEWA
DOI:
https://doi.org/10.36080/kresna.v4i1.125Keywords:
Pemanfaatan ICT, Administrasi Pemerintahan Desa, WanagiriAbstract
Pemanfaatan teknologi informasi untuk meningkatkan kemampuan aparat pemerintah dalam melayani masyarakat menjadi pendukung terwujudnya good governance. Aparat pemerintahan di tingkat desa sebagian sudah memanfaatkan teknologi informasi. Banyak desa yang telah melakukan inovasi pelayanan berbasis ICT menuju desa digital. Desa Wanagiri, Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang telah merintis pelayanan administrasi pemerintahan desa dengan memanfaatkan teknologi digital dalam wujud Sistem Administrasi Desa Wanagiri (SADEWA) dan website desa wanagiri. Kedua inovasi pelayanan ini dilaksanakan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Meskipun sudah dibangunkan aplikasi dan wesite, namun perlu diakui bahwa kemampuan aparat desa untuk mengoperasionalkan teknologi ini masih belum optimal. Kegiatan abdimas dilaksakanan melalui metode indentifikasi permasalahan, pengembangan aplikasi dan website, serta kegiatan pendukung berupa sosialisasi dan pendampingan. Meskipun upaya tersebut sudah diberikan, tetapi masih perlu upaya keras dan cerdas untuk meningkatkan kapasitas aparat desa Wanagiri sehingga menjadi lebih paham tentang literasi digital untuk mendukung produktivitas kerjanya. Kegiatan abdimas ini dirasakan cukup mendapatkan atensi dari aparat desa, terbukti dengan tingkat partisipasi dalam kegiatan sosialisasi, pelatihan, dan pendampingan cukup baik. Diharapkan kegiatan abdimas berikutnya dapat dilanjutkan dengan fokus abdimas pada pemberdayaan aparat dan kader desa
Downloads
References
A. A. A. Ushud, “Perancangan Website Mommymum. Com Menggunakan Elementor Page Builder Untuk Wordpress,” Jurnal Maklumatika, vol. 6, no. 2, pp. 89–99, 2020.
L. E. Fitri, D. Setiawan, P. E. P. Utomo, and S. K. W. Bhayangkari, “Penerapan Sistem Informasi Desa Berbasis TIK Di Desa Nyogan Menuju Tata Kelola Good Governance dan Kemandirian Desa,” Jurnal Karya Abdi Masyarakat, vol. 4, no. 3, pp. 494–503, 2020.
I. Afrianto, T. Suryana, and S. Atin, “Pendampingan Sistem Layanan Publik Desa Digital Desa Ciwaruga Dan Desa Cigugur Girang,” JAM-TEKNO (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat TEKNO), vol. 3, no. 2, pp. 84-90, 2022.
A. S. Rusdianto, et al, “Digitalisasi Informasi Desa Bendelan Melalui Program Desa Digital Terintegrasi di Desa Bendelan Dondowoso,” JPMI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, vol. 2, no. 6, pp. 727-733, 2022.
Dahiri, “Desa Digital: Potensi dan Tantangannya,” Badan Keahlian DPR RI, 2019.
R. E. Indrajit, “Electronic Government: Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Digital,” Yogyakarta: Andi, 2022.
A. A. A. Ushud, “Perancangan Website DTJakarta.or.id Menggunakan Elementor Page Builder untuk Wordpress,” vol. 10, no. 2, pp. 116–122, 2022.
A. A. A. Ushud, I. Novita, and N. Juliasari, “Pelatihan Pemanfaatan CMS Untuk Pembuatan Website Bagi OrangTua Siswa Sekolah Alam Tangerang,” JAM-TEKNO (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat TEKNO), vol. 2, no. 1, pp. 20–25, 2021.
N. P. T, Widanti, “Konsep Good Governance dalam Perspektif Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Literatur,” Jurnal Abdimas Peradaban, vol. 3, no. 1, pp. 78-85, 2022.
A. Faizal, “Inilah 5 Desa Digital Terbaik di Indonesia – Sistem Pelayanannya Canggih!”, 2022. Available: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2022/11/10/inilah-5-desa-digital-terbaikdi-indonesia-sistem-pelayanannya-canggih. Diakses tanggal 19 Maret 2024.