Strategi Memaksimalkan Hasil Penjualan dengan Pemanfaatan Media Sosial Instagram untuk Karang Taruna Kelurahan Paninggilan Ciledug
DOI:
https://doi.org/10.36080/kresna.v3i1.67Keywords:
pelatihan digital marketing, sosial media instagram, karang taruna paninggilan, memaksimalkan hasil penjualanAbstract
Anggota Karang Taruna Kelurahan Paninggilan Ciledug Memiliki visi untuk meningkatkan usaha dan bisnis yang saat ini ditekuni agar bisa membantu meningkatkan perekonomian keluarga, sayangnya kendala yang dialami para anggota adalah keterbatasan pengetahuan dalam hal pemanfaatan teknologi internet untuk memaksimalkan hasil penjualan. Berdasarkan kendala tersebut maka diadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang dilakukan dengan penyusunan materi dan melaksanakan pelatihan mengenai pengenalan digital marketing, pembuatan akun instagram, serta memberikan tips dan triks dalam pemanfaatan sosial media instagram untuk meningkatkan jangkauan pasar. Tujuan kegiatan ini agar para anggota karang taruna dapat memanfaatkan sosial media instagram dalam memasarkan produk, sehingga menarik orang untuk melakukan pemesanan secara jarak jauh. Adapun hasil dari kegiatan ini adalah materi pelatihan dalam bentuk pdf dan akun sosial media instagram (akun bisnis) setiap anggota karang taruna, dan keberhasilan kegiatan ini diukur melalui kuesioner yang telah diisi peserta dan didapatkan nilai rata-rata 4,15 (skala penilaian 1 sd 5) dari 20 peserta
Downloads
References
T. Sutarsih, V. C. Wulandari, R. Untari, A. L. Kusumatrisna, and A. N. Hasyyati, Statistik Telekomunikasi Indonesia 2021. Jakarta: Badan Pusat Statistik, 2021. [Online]. Available: https://www.bps.go.id/publication/2022/09/07/bcc820e694c537ed3ec131b9/statistik-telekomunikasi-indonesia-2021.html
S. Ayu and A. Lahmi, “Peran e-commerce terhadap perekonomian Indonesia selama pandemi Covid-19,” J. Kaji. Manaj. Bisnis, 2020.
A. M. Rakanita, “Pemanfaatan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Desa Karangsari Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak,” J. EKBIS, 2019.
Y. Yulianto et al., “Analisa Peranan Teknologi Internet Sebagai Media Transaksi E-Commerce Dalam Meningkatkan Perkembangan Ekonomi,” Semnasteknomedia Online, 2015.
S. Palinggi and E. C. Limbongan, “Pengaruh Internet Terhadap Industri Ecommerce dan Regulasi Perlindungan Data Pribadi Pelanggan Di Indonesia," Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi), 2020.
A. Kala’lembang, “Adopsi E-Commerce Dalam Mendukung Perkembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Masa Pandemi Covid-19,” Cap. J. Ekon. dan Manaj., 2020.
S. Lindawati, M. Hendri, and J. Hutahaean, Pemasaran Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020. [Online]. Available: https://kitamenulis.id/2020/08/26/pemasaran-digital/
T. Pradiani, “Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan,” J. Ilm. Bisnis dan Ekon. Asia, vol. 11, no. 2, pp. 46–53, 2018,.
G. Sagita and Z. R. Wijaya, “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Bakmi Tando 07,” J. Ekon. Bisnis dan Manaj., 2022.
D. Kurniasari, Suyahmo, and P. Lestari, “Peranan Organisasi Karang Taruna Dalam Mengembangkan Kreativitas Generasi Muda di Desa Ngembalrejo,” Unnes Civ. Educ. J., vol. 2, no. 2, pp. 1–6, 2013.
K. Rejosari, “Karang Taruna,” rejosari.semarangkota.go.id. https://rejosari.semarangkota.go.id/karangtaruna (accessed May 01, 2023).
Y. F. Crisandye, “Peran Karang Taruna Dalam Pengembangan Kreativitas Remaja (Studi kasus di Karang Taruna Remaja Kita RW 14 kelurahan Cibeber Kecamatan Cimahi selatan),” Comm-Edu (Community Educ. Journal), 2018.
M. Hardjianto, Y. Everhard, A. Aryasanti, S. Samsinar, and R. Roeswidiah, “Pelatihan Pengenalan Internet dan E-mail Pada Staf Administrasi UD. Inti Mas Motor Jakarta,” KRESNA J. Ris. dan Pengabdi. Masy., 2022.
T. I. J. Kusumawati, W. Wulandari, and S. Mulyati, “Peningkatan Kompetensi Pegawai Di Lingkungan Kemdikbud Dalam Bidang Komputer Menggunakan Microsoft Office,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, 2022.