Penerapan Web E-Commerce Pada Toko Rage Toys
DOI:
https://doi.org/10.36080/kresna.v3i1.72Keywords:
E-Commerce, CMS, BMC, SEO, Strategi Mix Marketing 4PAbstract
Toko Rage Toys merupakan UMKM yang bergerak dibidang penjualan mainan anak-anak, souvenir, dan aksesoris. Pada kondisi bisnis saat ini media pemasarannya hanya menggunakan banner, media sosial dan whatsapp yang ada pada toko saja, sehingga produk-produk yang dijual tidak menjangkau calon konsumen secara luas. Begitu juga dengan proses transaksi yang dilakukan oleh toko masih terbilang manual. Untuk melakukan pemesanan dan mengetahui detail informasi produk yang dijual, pelanggan harus datang langsung mengunjungi toko. Pengolahan data penjualan toko saat ini masih belum terkomputerisasi yang mengakibatkan terbatasnya peluang pemasaran dan proses transaksi. Belum terdapatnya media pemasaran secara online menyebabkan informasi tentang keberadaan toko Rage Toys tidak diketahui banyak orang. Oleh sebab itu, toko Rage Toys membutuhkan sarana promosi atau pemasaran secara online seperti E-Commerce, tujuannya untuk mendukung layanan penjualan agar dapat melakukan proses transaksi secara online, kapan saja dan dimana saja, memperluas jangkauan pemasaran, serta untuk mengetahui detail informasi laporan-laporan yang diperlukan secara akurat. Dalam penelitian ini metode yang digunakan oleh penulis yaitu pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi literatur. Sedangkan analisis model pengembangan bisnis menggunakan metode Business Model Canvas (BMC), analisis masalah menggunakan model Fishbone Diagram, perancangan sistem E-Commerce menggunakan pendekatan UML dan membuat model UI/UX, implementasi E-Commerce menggunakan Content Management System (CMS), serta strategi Search Engine Optimization (SEO) dan pemasaran menggunakan strategi mix marketing 4P. Hasil yang didapat adalah membuat model E-Commerce berbasis web. Dengan dibuatnya fitur-fitur pada website E-Commerce dapat menyelesaikan masalah yang ada pada toko Rage Toys, serta pengujian performa website menggunakan Google Search Console dan pengujian SEO yang dilakukan muncul di halaman pencarian Google. Dengan demikian jangkauan pemasaran dapat dilakukan secara luas dan akses informasi bagi calon konsumen dapat secara mudah diperoleh, serta dapat mendukung layanan penjualan pada toko Rage Toys.
Downloads
References
. D. Pranitasari and A. N. Sidqi, “Analisis Kepuasan Pelanggan Elektronik Shopee Menggunakan Metode E-Service Quality dan Kartesius,” Jurnal Akuntansi dan Manajemen (JAM), vol.18, no.02, pp. 12-31, 2021.
. Susandi, D. and Sukisno, S., “Sistem Penjualan Berbasis E-Commerce Menggunakan Metode Objek Oriented pada Distro Dlapak Street Wear,” JSiI (Jurnal Sistem Informasi), vol.4, pp. 5-8, 2017.
. Nisa, Z. and Samsinar, S., “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Helm Dengan Business Model Canvas (BMC) Pada Toko Nevan Helmet Berbasis E-Commerce,” Jurnal IDEALIS, vol. 3, no.1, pp. 411-416, 2020.
. Fithri, D. L., Utomo, A. P. and Nugraha, F., “Pemanfaatan E-Commerce Populer Populer untuk Optimalisasi Pemasaran Produk pada Kube Bordir Kurnia Desa Demangan Kudus,” SIMETRIS, vol. 8, no. 2, pp.819-824, 2017.
. Henri Abdiel Simbolon, Victor Marudut Mulia Siregar, “Perancangan Sistem Informasi Berbasis E-Commerce Untuk Peningkatan Penjualan Produk Jersey Olahraga,” Jurnal Tekinkom, vol.1, no.2, pp. 49-54, 2018.
. Handayani, Sutri, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta,” ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 10, 2, pp. 182-189, 2018.
. Y. K. Sakti, I. A. S. W, and D. Zuhroh, “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Terhambatnya Perkembangan Umkm Sentra Ikan Bulak (SIB) Kenjeran Dengan Pendekatan Metode Fishbone Diagram,” Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, vo.1, pp. 92-99, 2020.
. F. Ristia, A. Diana, and A. Ariesta, Implementasi E-Commerce Dengan Metode Business Model Canvas (Bmc) Menggunakan Content Management System (Cms) Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Distro Betawi Boys, Jurnal IDEALIS, vol. 5, no. 1, pp. 30-39, 2022.
. D. Riandika and A. U. Hamdani, Implementasi E-Commerce Dengan Teknik SEO dan Strategi Pemasaran 4P Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Aksesoris Motor Pada XYZ Motoshop, Jurnal Media Informatika Budidarma, vol. 4, no. 3, pp. 785-796, 2020.
. Sunarsasi and N. R. Hartono, Strategi Pemasaran Usaha Kecil Menengah Di Kabupaten Blitar (Studi Pada UKM Cap Kuda Terbang Bu Sulasmi), Translitera: Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media, vol. 9 no. 1, pp. 22-31, 2020.