Pelatihan Ms. Project Bagi Pegawai KEMDIKBUD (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan)

Training Ms. Project for KEMDIKBUD Employees (Ministry of Education and Culture)

Authors

  • Ita Novita Universitas Budi Luhur
  • Noni Juliasari

DOI:

https://doi.org/10.36080/jk.v2i2.39

Keywords:

Training, Ms. Projcet, Kemdikbud

Abstract

Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) saat ini sudah menjadi kebutuhan setiap instansi baik swasta maupun pemerintah. KEMDIKBUD sebagai salah satu kementerian dalam pemerintah Indonesia sangat bergantung akan adanya teknologi informasi tersebut. Beberapa kebijakan yang dibuat dalam bentuk proyek mengharuskan pegawai bisa menyusun jadwal serta angaran proyek dengan baik. Dari hal tersebut munculah kebutuhan untuk pengelolaan proyek yang baik agar bisa tepat waktu, sesuai anggaran dan berkualitas baik. Ms. Project sebagai salah satu pemanfaatan proyek yang terkait pengelolaan proyek menjadi salah satu solusi atas kebutuhan tersebut. Tujuan dari kegiatan ini adalah membuat pelatihan terkait penggunaan Ms. Project bagi pegawai KEMDIKBUD untuk membantu pegawai dalam mengelola proyek sehingga dapat meningkatkan produktivitas mereka.  Kegiatan ini merupakan kerjasama antara pihak KEMDIKBUD dengan Universitas Budi Luhur terkhusus Fakutas Teknologi Informasi (FTI). Pelaksanaan pelatihan dilakukan dengan pendekatan proses pembelajaran berbasis teori dan praktek. Pembelajaran teori disampaikan dengan diskusi, ceramah dan tanya jawab. Sedangkan pembelajaran praktek dilakukan dengan cara demonstrasi, pemberian tugas serta trial and error. Berdasarkan hasil umpan balik sebanyak 81% peserta menyatakan sangat setuju bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi meraka.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Mukhsin, “Peranan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Menerapkan Sistem Informasi Desa Dalam Publikasi Informasi Desa Di Era Globalisasi,” Teknokom, vol. 3, no. 1, pp. 7–15, 2020.

Ari Waluyo, Hamid Nasrullah, and Sotya Partiwi Ediwijoyo, “Pelatihan Penggunaan Apkikasi Microsoft Office (Word, Excel, Power Point) 2010 untuk Peningkatan Kemampuan SDM PEMDES Desa Kebakalan, Karanggayam, Kebumen,” JURPIKAT (Jurnal Pengabdi. Kpd. Masyarakat), vol. 1, no. 1, pp. 21–28, 2020.

A. A. Powa, J. E. Kaawoan, and F. N. Pangemanan, “Pemanfaatan teknologi dan informasi di Dinas Komunikasi dan Informatika Statistik dan Persandian di Kabupaten Minahasa Tenggara,” J. Gov., vol. 1, no. 2, pp. 1–12, 2021.

“Tugas dan Fungsi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,” 2015.

M. N. Sholeh, F. Suwarto, B. Dharmo, and Hartono., “Pelatihan Pengenalan Microsoft Project 2019 pada Konstraktor dan Konsultan bersama Himpunan Pengembangan Jalan Indonesia (HPJI) Jawa Tengah,” J. Pasopati, vol. 3, no. 2, p. 84, 2021.

F. N. Wowor, B. F. Sompie, D. R. O. Walangitan, and G. Y. Malingkas, “Aplikasi Microsoft Project dalam Pengendalian Waktu Pelaksanaan Pekerjaan Proyek,” J. Sipil Statik, vol. 1, pp. 543–548, 2013.

M. F. Sufa, “Identifikasi Kriteria Keberhasilan Proyek,” Identifikasi Kriter. Keberhasilan Proy., vol. 11, no. 1, pp. 19–22, 2012.

E. Santoso, “Penerapan Program Microsoft Project 2010 Untuk Perencanaan Dan Pengendalian Pada Pembangunan Gedung Serbaguna Fakultas Kedokteran Untan,” Fak. Tek. Sipil, Univ. Tanjungpura, pp. 1–12, 2013.

W. Rahayu, N. Kustian, and D. Parulian, “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Microsoft Project Untuk Pembuatan Jadwal Kegiatan Karang Taruna,” Abdiku J. Pengabdi. …, vol. 2, pp. 1–7, 2019.

G. Yanti, Z. Z, and S. W. Megasari, “Pelatihan Penjadwalan dengan Ms Project Bagi Penyedia Jasa Konstruksi di Kota Pekanbaru,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, pp. 125–134, 2019.

H. Suryaman, H. W. Cahyaka, and K. D. Handayani, “Pelatihan Microsot Project Bagi Guru-Guru SMK di Wilayah Kerja 4 Provinsi Jawa Timur,” J. Abadimas Adi Buana, vol. 5, no. 01, pp. 1–4, 2022.

Downloads

Published

30-11-2022

How to Cite

Ita Novita, & Noni Juliasari. (2022). Pelatihan Ms. Project Bagi Pegawai KEMDIKBUD (Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan): Training Ms. Project for KEMDIKBUD Employees (Ministry of Education and Culture). KRESNA: Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 262–271. https://doi.org/10.36080/jk.v2i2.39

Most read articles by the same author(s)