Pelatihan Disain Grafis Sebagai Sarana Media Sosialisasi Bekerjasama dengan Rumah Keluarga Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.36080/kresna.v3i1.69Keywords:
disain grafis, pelatihan, rumah keluarga indonesia, media sosialisasiAbstract
Rumah Keluarga Indonesia merupakan lembaga yang bertujuan untuk mendukung terbentuknya keluarga yang kuat dan harmonis dengan memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada keluarga. Sebagai mitra keluarga Indonesia, RKI juga ingin berpartisipasi dalam penciptaan generasi yang religius, kreatif, produktif dan konstruktif melalui kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan anak, remaja dan keluarga. Sebagai salah satu lembaga swadaya masyarakat yang bergerak dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan membutuhkan media sebagai sarana dalam menyebar berbagai informasi ke masyarakat. Oleh karena itu dibutuhkan kemampuan dalam mempersiapkan media sosial tersebut salah satunya dengan kemampuan disain grafis yang baik. Disain grafis yang baik dipengaruhi oleh kemahiran menggunakaan aplikasi disain sebagai alat bantu untuk produksi media sosialisasi tersebut. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam membuat desain yang menarik agar informasi kegiatan-kegiatan dapat tersampaikan dengan baik ke masyarakat. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini didasarkan pada pembelajaran teori dan praktik. Hasil evaluasi pelatihan ini mengungkapkan 93% kepuasan peserta terkait dengan penyampaian materi dan kesesuaian materi, 91% kepuasan terkait dengan fasilitas pelatihan dan 100% terkait kebutuhan pelatihan lainnya di kesempatan lain.
Downloads
References
A. I. Widyana and H. D. Waluyanto, “Grafis Dalam Perancangan Desain Komunikasi Visual,” J. DKV Adiwarna, vol. 1, no. 1, pp. 1–11, 2022.
R. K. W. Dewojati, “Desain Grafis Sebagai Media Ungkap Periklanan,” Imaji, vol. 7, no. 2, 2015.
U. Saepul Mustakim, “Pendampingan Kegiatan Pelatihan Desain Grafis Untuk Warga Desa Ciputri Di Kecamatan Kaduhejo Kabupaten Pandeglang,” Kaibon Abhinaya J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 91–95, 2022.
D. Eko Valentino and Yudiansyah, “Perancangan Desain Grafis Sebagai Media Promosi Pada Novena Hotel Bandung,” J. Teknol. Inf. Dan Komun., vol. 7, no. 2, pp. 211–229, 2020.
Ayyub H.B.N.MS, Arsito Ari Kuncoro, Fendy Suhono, and Mufadhol Mufadhol, “Pemanfaatan Desain Grafis Sebagai Media Promosi Untuk Menunjang Penjualan Buku Komik Ultimate Glad,” J. Publ. Ilmu Komput. dan Multimed., vol. 1, no. 2, pp. 133–145, 2022.
F. H. Lubis, F. P. Hidayat, and S. Hardiyanto, “Peningkatan Kemampuan Desain Grafis untuk Meningkatkan Kreativitas Dakwah pada PC IPM Medan Area,” PengabdianMu J. Ilm. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 7, no. 1, pp. 107–111, 2022.
S. Lazuarni, R. R. Hendarmin, and T. Wulandari, “Pelatihan Desain Grafis Untuk Bisnis Di Zaman Serba Digital Dan Visual Kepada Mahasiswa Kota Palembang,” vol. 6, pp. 524–529, 2022.
L. Adi Dharma Widya and A. James Darmawan, Pengantar Desain Grafis. Jakarta: Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan Kemdikbud, 2016.
L. Lisnawita, Lucky Lhaura Van FC, and Musfawati, “Pelatihan Desain Grafis Untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa,” Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 2, pp. 231–235, 2020.
L. Tambunan, M. Iqbal, T. Radillah, and B. Satria, “Pelatihan Desain Grafis Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Inovasi Digital Bagi Masyarakat Di Desa Buluh Apo Kecamatan Pinggir,” RESWARA J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 514–521, 2022.