Penerapan E-CRM untuk Meningkatkan Pelayanan Orang Tua Siswa Pada SMA Islamic Centre Kota Tangerang
DOI:
https://doi.org/10.36080/kresna.v3i1.74Keywords:
Pelayanan Orang Tua Siswa, Electronic Customer Relationship Management (E-CRM), SMA Islamic Centre Kota TangerangAbstract
Pelayanan yang baik bagi orang tua tentunya sangat penting, salah satunya dengan mengelola hubungan baik antara orang tua dengan pihak sekolah yang dapat memberikan rasa nyaman terhadap orang tua dan sekolah. Customer relationship management (CRM) merupakan sebuah strategi pendekatan yang digunakan untuk membantu dalam mengelola hubungan antara sekolah dengan orang tua maupun calon orang tua, agar dapat membangun komunikasi lebih baik. SMA Islamic Centre dikelola menggunakan prinsip Manajemen Berbasis Sekolah (school-based management) dengan pendekatan ilmiah dan religius. Permasalahan yang selama ini dihadapi sekolah adalah penyampaian informasi yang berjalan masih belum maksimal. Sekolah sulit mencapai target dalam mendapatkan siswa baru karena promosi yang kurang luas, masih banyaknya orang tua yang ingin melihat perkembangan nilai anak dan hasil evaluasi belajar tetapi hanya bisa dilihat setiap pembagian rapor, serta belum efektifnya penanganan keluhan di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah merancang prototype e-CRM yang menyediakan informasi tentang promosi, perkembangan nilai, evaluasi belajar, dan keluhan sehingga sekolah dapat mengevaluasi permasalahan dan meningkatkan pelayanan kepada orang tua siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pengumpulan data yang ada pada SMA Islamic Centre Kota Tangerang, yang berkaitan dengan topik yang dibahas untuk mendapatkan informasi yang lebih detail sesuai dengan kebutuhan sistem yang akan di buat. Data dan informasi diperoleh melalui wawancara langsung dengan wakil kepala sekolah bidang akademik dan staf sekolah dengan mengajukan pertanyaan mengenai masalah apa saja yang dihadapi pada SMA Islamic Centre Kota Tangerang. Penelitian ini menghasilkan sebuah prototype CRM yang dapat meningkatkan pelayanan terhadap orang tua pada SMA Islamic Centre yang meliputi fitur promosi, pendaftaran, daftar nilai, evaluasi belajar, dan penanganan keluhan yang dapat memenuhi kebutuhan informasi serta membantu kelancaran proses bisnis dan komunikasi bagi kedua belah pihak.
Downloads
References
S. Ujang and T. Fandy, “Strategi pemasaran dalam perspektif perilaku konsumen,” 1st ed. Bogor: PT. Penerbit IPB Press, 2019.
R. Elkin and H. Nur, “Implementasi Metode Customer Relationship Management Dalam Sistem E-Learning Pada Smk Karya Bhakti 2 Bekasi Untuk Meningkatkan Kepedulian Orang Tua Terhadap Proses Pembelajaran Siswa,” SIGMA–Jurnal Teknologi Pelita Bangsa, vol. 10, pp. 102–112, 2019.
Yulianti and Nurahman, “Penerapan E-CRM untuk Media Promosi Online dengan metode SDLC pada Madrasah Al-Falah Bumi Agung,” Jurnal Sistem dan Informatika (JSI), vol. 16, no. 2, pp. 77–88, 2021.
Suroto and M. Herry, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Customer Relationship Management (CRM) berbasis Web pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Muthmainnah,” vol. 4, pp. 85–91, 2019.
S. Didin, S. Akip, and S. T. Haris, “Pengembangan Electronic Customer Relationship Management Sebagai Program Retensi Alumni Universitas Serang Raya Berbasis Android,” Jurnal ProTekInfo, vol. 7, pp. 1–6, 2020.
H. Panjaitan, et al, “Perancangan Aplikasi E-Ticket Pada Tiomaz Trans Dengan Pendekatan Customer Relationship Management,” METHOSISFO: Jurnal Ilmiah Sistem Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 26–31, 2021.
E. R. Putri, I. K. Siregar, and E. Saputra, “Implementasi Customer Relationship Management Berbasis Web Pada Toko Baizuri Bunut,” JATISI: Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Infomasi, vol. 9, no. 4, pp. 3558–3568, 2022.
A. A. Nur, Y. Yuliazmi, and A. Grace, “Penerapan Electronic Customer Relationship Management Pada Usaha Dalam Meningkatkan Loyalitas dan Pelayanan Terhadap Pelanggan,” vol. 4, pp. 268–275, 2020.
W. Wulandari, P. D. P. Nugroho, and F. Ramadhan, “Rancangan Sistem Informasi Penyewaan Bus Dengan Pendekatan Electronic Customer Relationship Management (E-CRM),” Jurnal IDEALIS, vol. 4, no. 1, pp. 1–10, 2021.
R. Syabania and N. Rosmawarni, “Perancangan Aplikasi Customer Rerlationship Management (CRM) Pada Penjualan Barang Pre Order Berbasis Website,” JRI: Jurnal Rekayasa Informasi, vol. 10, no.1, pp. 44–49, 2021.