Prototype Model Pengembangan Aplikasi E-learning Berbasis Ruang Kelas Realitas Maya Dengan Teknologi Metaverse
DOI:
https://doi.org/10.36080/kresna.v4i2.150Kata Kunci:
E-Learning, Metaverse, Virtual Reality, Prototyping, System Usabillity ScaleAbstrak
Perkembangan zaman yang semakin maju dan situasi yang terus berubah mendorong manusia untuk berinovasi dan memperbaharui kecanggihan teknologi yang menyebabkan manusia bisa melakukan kegiatan dari mana saja dan kapan saja. Dalam dunia pendidikan, inovasi ini melahirkan suatu teknologi pembelajaran jarak jauh yang disebut elearning. Dengan teknologi ini, kegiatan belajar mengajar menjadi lebih fleksibel. Hasil pengujian menggunakan System Usability Scale (SUS) terhadap e-learning yang masih berjalan menunjukkan bahwa sistem ini bernilai 63,82 yang berarti meskipun secara pengalaman sudah OK, namun masih bernilai D. Berdasarkan hasil wawancara Narasumber disampaikan bahwa perlunya pengembangan pada forum yang lebih interaktif dan tampilan yang terus menerus ditingkatkan. Dengan menggunakan e-learning berbasis metaverse, kegiatan belajar mengajar menjadi lebih interaktif. Penelitian ini menghasilkan prototipe E-Leraning berbasis Metaverse 3 dimensi dengan menggunakan pendekatan metode prototyping. Berdasarkan pengujian System Usability Scale terhadap prototipe metaverse e-learning mendapatkan score SUS yaitu 76,4 yang berarti dalam kategori Adjevtive Ratings B dan berada dalam kategori GOOD. Dengan demikian bahwa pengembangan aplikasi e-learning berbasis metaverse dapat bermanfaat untuk pengguna yaitu mahasiswa dalam memanfaatkan dari sisi fitur dan kegunaannya.
Unduhan
Referensi
R. Liszulfah, N. Aulia, and Zulherman, “Analisa Pemanfaatan E-Learning Menggunakan Data Statistik Pengguna Aplikasi Startup Pendidikan Selama Wabah Pandemi Covid-19,” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, vol. 9, no. 3, pp. 391–406, 2021
D. M. Pangestu and A. Rahmi, “Metaverse: Media Pembelajaran di Era Society 5.0 untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia,” Journal of Pedagogy and Online Learning, vol. 1, no. 2, pp. 52–61, 2022
B. Camburn et al., “Design prototyping methods: State of the art in strategies, techniques, and guidelines,” Design Science, vol. 3, 2017, doi: 10.1017/dsj.2017.10.
A. Sajiatmojo, S. Negeri, and T. Selor, “Penggunaan E-Learning Pada Proses Pembelajaran Daring,” vol. 1, no. 3, pp. 229-235, 2021.
H. Tüzün, H. G. Bilgiç, and S. Y. Elçi, “The effects of 3D multi-user virtual environments on collaborative learning and social presence,” International Electronic Journal of Elementary Education, vol. 11, no. 3, pp. 221–231, 2019.
F. Hidayatil, et al, “Analisis Pemanfaatan Metaverse-Roblox Sebagai Media Komunikasi Bisnis dan Pemasaran Analysis of the Utilization of Metaverse-Roblox as a Media for Business and Marketing Communication,” vol. 2, no. 2, pp. 121–127, 2023.
Y. Mulati, “Analisis Penggunaan Teknologi Metaverse terhadap Pembentukan Memori pada Proses Belajar,” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, vol. 8, no. 2, pp. 120–128, 2022.
R. H. Akar, Y. Anjella, and A. E. Lolly, “Literature Review Pemilihan Metode Pengembangan Perangkat Lunak Terbaik Dalam Pembuatan Sistem Informasi Berbasis Website,” 2021.
H. Marešová and D. Ecler, “Educational Potential of 3D Multi-User Virtual Environments,” Lifelong Learning, vol. 12, no. 1, pp. 9–32, 2022.
J. Ho Kim, B. Sung Lee, and S. Jhin Choi, “A study on metaverse construction and use cases for non-face-to-face education,” The Journal of the Convergence on Culture Technology (JCCT), vol. 8, no. 1, pp. 483–497, 2022.
P. Barbrook-Johnson and A. S. Penn, “Systems Mapping How to build and use causal models of systems,” 2022. [Online]. Available: https://gum.co/systemdiagrams
T. J. Betri, E. Utami, and H. Al Fatta, “Perancangan Arsitektur Aplikasi Learning Management System Di Universitas Slamet Riyadi,” Indonesian Journal of Applied Informatics, vol. 2, no. 1, pp. 2-16, 2017.
Binus University, “Mengenal System Usability Scale.” Accessed: Nov. 01, 2023. [Online]. Available: https://sis.binus.ac.id/2022/02/07/mengenal-system-usability-scale/
A. Lupita Dyayu, B. Beny, and H. Yani, “Evaluasi Usability Aplikasi PeduliLindungi Menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale (SUS),” Jurnal Manajemen Teknologi Dan Sistem Informasi (JMS), vol. 3, no. 1, pp. 395–404, 2023.
S. Kurniawan, A. P. I, and A. Ependi, “Analisis Usability Aplikasi C-Access Commuterline Menggunakan System Usability Scale (Sus),” Jurnal Syntax Admiration, vol. 4, no. 7, pp. 894–911, 2023.
R. Pamungkas, N. Asnawi, and A. R. Saputra, “Evaluasi Sistem Informasi Kelurahan Bendo Berbasis Content Management System Dengan Metode System Usability Scale,” Fountain of Informatics Journal, vol. 8, no. 1, pp. 26–31, 2023.