Prototype Model Pengembangan Aplikasi E-learning Berbasis Ruang Kelas Realitas Maya Dengan Teknologi Metaverse

Authors

  • Chandra Dwipa Universitas Esa Unggul
  • Sawali Wahyu Esa Unggul University

DOI:

https://doi.org/10.36080/kresna.v4i2.150

Keywords:

E-Learning, Metaverse, Virtual Reality, Prototyping, System Usabillity Scale

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin maju dan situasi yang terus berubah mendorong manusia untuk berinovasi dan memperbaharui kecanggihan teknologi. Dalam dunia pendidikan, inovasi ini melahirkan suatu teknologi pembelajaran jarak jauh yang disebut e-learning. Dengan teknologi ini, kegiatan belajar mengajar menjadi lebih fleksibel. Berdasarkan hasil survey menggunakan System Usability Scale (SUS) terhadap e-learning yang berjalan saat ini di Universitas Esa Unggul menunjukkan bahwa sistem e-learning ini mendapatkan score 63.8 dengan kategori Adjevtive Ratings D dan berada dalam kategori Low Marginal. Berdasarkan hasil wawancara narasumber, disampaikan bahwa sistem e-learning saat ini perlu adanya pengembangan pada forum yang lebih interaktif dan tampilan yang terus menerus ditingkatkan dari sisi pengalaman pengguna. Model pengembangan e-learning yang diusulkan menggunakan e-learning berbasis metaverse, dengan mengembangan metaverse dalam kegiatan belajar mengajar akan meningkatkan pembelajaran menjadi lebih interaktif. Tujuan penelitian ini menghasilkan model prototipe e-learning berbasis metaverse 3D dengan menggunakan pendekatan prototyping. Hasil pengujian System Usability Scale terhadap prototipe metaverse e-learning mendapatkan score SUS yaitu 76.4 yang berarti dalam kategori Adjevtive Ratings B dan berada dalam kategori Good. Dengan demikian pengembangan aplikasi e-learning berbasis metaverse ini dapat bermanfaat untuk pengguna yaitu mahasiswa dalam memanfaatkan dari sisi fitur dan kegunaannya untuk meningkatkan interaktif pada proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. Liszulfah, N. Aulia, and Zulherman, “Analisa Pemanfaatan E-Learning Menggunakan Data Statistik Pengguna Aplikasi Startup Pendidikan Selama Wabah Pandemi Covid-19,” Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, vol. 9, no. 3, pp. 391–406, 2021

D. M. Pangestu and A. Rahmi, “Metaverse: Media Pembelajaran di Era Society 5.0 untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia,” Journal of Pedagogy and Online Learning, vol. 1, no. 2, pp. 52–61, 2022

B. Camburn et al., “Design prototyping methods: State of the art in strategies, techniques, and guidelines,” Design Science, vol. 3, 2017, doi: 10.1017/dsj.2017.10.

A. Sajiatmojo, S. Negeri, and T. Selor, “Penggunaan E-Learning Pada Proses Pembelajaran Daring,” vol. 1, no. 3, pp. 229-235, 2021.

H. Tüzün, H. G. Bilgiç, and S. Y. Elçi, “The effects of 3D multi-user virtual environments on collaborative learning and social presence,” International Electronic Journal of Elementary Education, vol. 11, no. 3, pp. 221–231, 2019.

F. Hidayatil, et al, “Analisis Pemanfaatan Metaverse-Roblox Sebagai Media Komunikasi Bisnis dan Pemasaran Analysis of the Utilization of Metaverse-Roblox as a Media for Business and Marketing Communication,” vol. 2, no. 2, pp. 121–127, 2023.

Y. Mulati, “Analisis Penggunaan Teknologi Metaverse terhadap Pembentukan Memori pada Proses Belajar,” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, vol. 8, no. 2, pp. 120–128, 2022.

R. H. Akar, Y. Anjella, and A. E. Lolly, “Literature Review Pemilihan Metode Pengembangan Perangkat Lunak Terbaik Dalam Pembuatan Sistem Informasi Berbasis Website,” 2021.

H. Marešová and D. Ecler, “Educational Potential of 3D Multi-User Virtual Environments,” Lifelong Learning, vol. 12, no. 1, pp. 9–32, 2022.

J. Ho Kim, B. Sung Lee, and S. Jhin Choi, “A study on metaverse construction and use cases for non-face-to-face education,” The Journal of the Convergence on Culture Technology (JCCT), vol. 8, no. 1, pp. 483–497, 2022.

P. Barbrook-Johnson and A. S. Penn, “Systems Mapping How to build and use causal models of systems,” 2022. [Online]. Available: https://gum.co/systemdiagrams

T. J. Betri, E. Utami, and H. Al Fatta, “Perancangan Arsitektur Aplikasi Learning Management System Di Universitas Slamet Riyadi,” Indonesian Journal of Applied Informatics, vol. 2, no. 1, pp. 2-16, 2017.

Binus University, “Mengenal System Usability Scale.” Accessed: Nov. 01, 2023. [Online]. Available: https://sis.binus.ac.id/2022/02/07/mengenal-system-usability-scale/

A. Lupita Dyayu, B. Beny, and H. Yani, “Evaluasi Usability Aplikasi PeduliLindungi Menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale (SUS),” Jurnal Manajemen Teknologi Dan Sistem Informasi (JMS), vol. 3, no. 1, pp. 395–404, 2023.

S. Kurniawan, A. P. I, and A. Ependi, “Analisis Usability Aplikasi C-Access Commuterline Menggunakan System Usability Scale (Sus),” Jurnal Syntax Admiration, vol. 4, no. 7, pp. 894–911, 2023.

R. Pamungkas, N. Asnawi, and A. R. Saputra, “Evaluasi Sistem Informasi Kelurahan Bendo Berbasis Content Management System Dengan Metode System Usability Scale,” Fountain of Informatics Journal, vol. 8, no. 1, pp. 26–31, 2023.

Downloads

Published

30-11-2024

How to Cite

Chandra Dwipa, & Sawali Wahyu. (2024). Prototype Model Pengembangan Aplikasi E-learning Berbasis Ruang Kelas Realitas Maya Dengan Teknologi Metaverse. KRESNA: Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 4(2), 190–199. https://doi.org/10.36080/kresna.v4i2.150