Peran Edukasi dalam Mengurangi Cyberbullying di Kalangan Pelajar SMK Kebangsaan

Authors

  • Purwanto Purwanto Universitas Budi Luhur
  • Ahmad Pudoli Universitas Budi Luhur
  • Mardi Hardjianto Universitas Budi Luhur
  • Devit Setiono Universitas Budi Luhur
  • Sri Wahyuningsih Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.36080/kresna.v4i2.158

Keywords:

edukasi, cyberbullying, dunia maya, media sosial, perundungan

Abstract

Tingginya kasus cyberbullying kalangan pelajar.kesadaran akan bahaya cyberbullying. Pelajar tidak menyadari dampak negatif dari tindakan mereka di dunia maya.minimnya tentang literasi digital. Menyebarkan informasi palsu atau komentar bernada kebencian. Dalam kurikulum sekolah atau tidak diterapkan secara konsisten.pengaruh lingkungan sosial dan teknologi lingkungan yang permisif untuk melakukan atau membenarkan tindakan cyberbullying. Peran guru dan orang tua guru dan orang tua mengenai edukasi tentang bahaya cyberbullying. Edukasi ini dengan metode ceramah atau penyuluhan. Di lakukan pula diskusi kelompok.melatih pelajar untuk saling berbagi pandangan, dan mencari solusi bersama. Diberikan pelatihan literasi digital tentang bagaimana menggunakan media sosial secara etis, melindungi privasi,dan melaporkan tindakan cyberbullying.Memanfaatkan video, infografis, atau modul pembelajaran interaktif untuk menjelaskan bahaya cyberbullying dan cara pencegahannya. Metode partisipatif membuat peraturan kelas atau kelompok anti-bullying.peningkatan pengetahuan pelajar. Perubahan sikap. Pengurangan kasus cyberbullying.dukungan guru dan orang tua : edukasi tidak hanya diterapkan kepada siswa, tetapi juga melibatkan guru dan orang tua. Hasil menunjukkan bahwa siswa yang mendapat dukungan pengawasan lebih baik dari orang tua dan guru memiliki risiko lebih rendah untuk terlibat dalam cyberbullying. Edukasi memiliki peran yang sangat penting dalam mengurangi cyberbullying di kalangan pelajar. Pelajar dapat memahami dampak negatif cyberbullying, mengenali bentuk-bentuknya, serta membangun sikap empati dan tanggung jawab dalam berinteraksi di dunia maya.program edukasi yang efektif, seperti seminar, diskusi interaktif, kampanye anti-cyberbullying, dan pelatihan literasi digital, terjadi peningkatan kesadaran, perubahan sikap, dan pengurangan perilaku negatif di media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. P. B. Kumala and A. Sukmawati, “Dampak Cyberbullying Pada Remaja,” Alauddin Sci. J. Nurs., vol. 1, no. 1, pp. 55–65, 2020.

S. Sunardi, H. Herman, F. Fitriah, and S. Setya Mawarni, “Pelatihan Mencegah Dan Mengatasi Cyberbullying Melalui Etika Di Media Sosial Study Kasus: Smk Informatika Wonosobo,” J. Pengabdi. Masy. Bumi Raflesia, vol. 6, no. 3, pp. 53–59, 2023.

M. Siroj, A. Zulfa, and A. Info, “Dampak Cyberbullying Pada Remaja di Media Sosial The Impact of Cyberbullying on Teenagers on Social Media,” J. Intelek dan Cendikiawan Nusant., vol. 1, no. 2, pp. 1124–1130, 2024.

S. Sibuea, M. A. Sakaria, M. I. Saputro, Y. B. Widodo, and T. Sutabri, “Sosialisasi Literasi Online Untuk Menangkal Perilaku Perundungan (Bullying) di Kalangan Siswa SMK Negeri 51 Jakarta,” J. Pemberdaya. Komunitas MH Thamrin, vol. 2, no. 2, pp. 66–73, 2020.

R. Sakiruddin Istiqomah, “Upaya Pencegahan Dan Penanganan Cyberbullying Di Lingkungan Sekolah,” Al Irsyad J. Stud. Islam, vol. 3, no. 1, pp. 21–28, 2024.

Asyrul Fikri et al., “Sosialisasi Kepada Siswa SMKN 1 Kempas Mengenai Stop Bullying Pencegahan Tindak Kekerasan Di Sekolah Jadilah Sahabat Bukan Pelaku Bullying Oleh Mahasiswa Kukerta Universitas Riau,” Perigel J. Penyul. Masy. Indones., vol. 2, no. 3, pp. 86–98, 2023.

F. N. Eleanora and R. Al Adawiah, “Perundungan Dunia Maya (Cyberbullying) dan Upaya Preventif di Kalangan Siswa SMK Bangun Persada Bekasi,” J. Abdi Masy. Indones., vol. 1, no. 2, pp. 203–208, 2021.

F. N. Eleanora and R. Al Adawiah, “Sosialisasi Bahaya Dan Dampak Cyberbullying (Perundungan Dunia Maya) Bagi Pelajar Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Bekasi,” J. Pengabdi. Barelang, vol. 3, no. 01, pp. 70–72, 2021.

F. Bafadhal, and W. Rohayati, “Sosialisasi Stop Bullying (Perundungan) Di Sma/Smk Muhammadiyah Singkut Kecamatan Singkut Kabupaten Sarolangun,” J. Gramaswara, vol. 1, no. 2, pp. 40–47, 2021.

A. Rahmadani and K. Khodijah, “Cyberbullying Dilingkungan Sekolah : Upaya Pencegahan dan Penanganannya,” Pustaka, vol. 24, no. 1, pp. 97-103, 2024.

F. Yunike et al., “Sosialisasi Stop Bulying Pada SDN 1 Pekon Balak Kecamatan Batu Brak Kabupaten Lampung Barat,” Jurnal Media Akademik (JMA), vol. 2, no. 9, pp. 1-10, 2024.

Downloads

Published

30-11-2024

How to Cite

Purwanto Purwanto, Ahmad Pudoli, Mardi Hardjianto, Devit Setiono, & Sri Wahyuningsih. (2024). Peran Edukasi dalam Mengurangi Cyberbullying di Kalangan Pelajar SMK Kebangsaan. KRESNA: Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 4(2), 241–248. https://doi.org/10.36080/kresna.v4i2.158