Pelatihan Pembuatan Toko Online Menggunakan WordPress Pada SMK Triguna 1956 dalam Peningkatan Model Pembelajaran Teaching Factory
DOI:
https://doi.org/10.36080/kresna.v4i1.122Keywords:
toko online, e-commerce, wordpress, produk dan jasa , teaching factoryAbstract
Teaching Factory merupakan jenis pengajaran sekolah kejuruan mengarah penerapan/pelayanan yang merujuk pada parameter dan metode industri serta berjalan pada lingkungan industri. Munculnya perubahan digital menuntut para pelaksana bisnis mampu meyesuaikan guna beradu dengan pesaing. Kehadiran gerai daring atau online kian meningkat era ini, bukan hanya bagi perusahaan saja perusahaan berukuran besar namun juga berukuran kecil. Didalam upaya meningkatkan kemahiran model pembelajaran Teaching Factory, siswa SMK Triguna 1956 diharuskan melakukan transaksi pemasaran dan jual beli melalui platform online. Namun, kemampuan membangun toko online yang menjadi dasar dari kegiatan tersebut belum sepenuhnya dikuasai oleh siswa. Oleh karena itu, tujuan dari pelatihan ini yaitu guna membekali siswa dengan keterampilan pembuatan toko online mempergunakan sistem manajemen konten, khususnya WordPress, melalui metode membaca dan praktek langsung. Hasil dari kegiatan pelatihan ini menunjukkan bahwa siswa mampu membangun dan merancang toko online sesuai dengan produk yang akan dijual, sehingga mendukung proses pembelajaran Teaching Factory dengan lebih efektif dan aplikatif.
Downloads
References
S. S. Sudiyono, “Teaching Factory Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Lulusan Di Smk,” Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, vol. 12, no. 2, pp. 159–181, 2020.
Mhd. Z. Siambaton and M. Fakhriza, “Aplikasi Content Management System (CMS) Pada Joomla Guna Membuat Web Service,” InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan), vol. 1, no. 1, pp. 11–13, 2016.
K. Watini, Design Thinking for Education: Merancang Teaching Factory Berbasis Kondisi Sekolah, CV. Mega Press Nusantara. 2024.
Yaya Suharya, Y. Herdiana, N. Indah Putri, and Z. Munawar, “Sistem Rekomendasi Guna Toko Online Kecil Dan Menengah,” Tematik, vol. 8, no. 2, pp. 176–185, 2021.
E. D. K. N. W. E. Wijayanti, et al, “Pelatihan Bisnis Online Mempergunakan Aplikasi Shopee,” JMM: Jurnal Masyarakat Mandiri, vol. 5, no. 1, pp. 206–215, 2021.
F. D. Saputro and D. T. Seabtian, “E-Marketplace dengan Metode Upselling Study Kasus Toko Bento Sport Berbasis Web,” Journal of Computer System and Informatics (JoSYC), vol. 2, no. 4, pp. 316–320, 2021.
M. B. R. Wijaya, “Model Pengelolaan Teaching Factory Sekolah Menengah Kejuruan,” Jurnal Penelitian Pendidikan, vol. 30, no. 2, pp. 125–132, 2013.
D. Hidayat, “Model pembelajaran teaching factory guna meningkatkan kompetensi siswa didalam mata pelajaran produktif,” no. 229, 2011.
S. Firdaus, F. D. Mulyawan, and M. Fajriana, “Pengaruh Teaching Factory Terhadap Kreatifitas, Kompetensi, serta Inovasi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan,” Inovasi Kurikulum, vol. 18, no. 1, pp. 95–103, 2021.
H. Artanto and F. Nurdiyansyah, “Penerapan SEO (Search Engine Optimization) Guna Meningkatkan Penjualan Produk,” JOINTECS: Journal of Information Technology and Computer Science, vol. 2, no. 1, pp. 1–4, 2017.