Fine Motor Development Education for Preschool Children with Puzzle and Origami Game Methods

Penulis

  • Irma Jayatmi Universitas Indonesia Maju
  • Yuli Purnamasari Universitas Indonesia Maju
  • Salsabila Septiany Universitas Indonesia Maju

DOI:

https://doi.org/10.36080/kresna.v4i2.173

Kata Kunci:

anak usia prasekolah, motorik halus, puzzle, origami

Abstrak

Seringkali orang tua tidak menyadari ketika anaknya mengalami keterlambatan perkembangan, salah satunya dapat berupa keterlambatan perkembangan motorik halus. Motorik halus adalah gerakan yang hanya melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu yang dilakukan oleh otot-otot kecil seperti, gerakan jari dan pergelangan tangan dan menghasilkan tindakan seperti menulis  dan menggambar. Kemampuan motorik halus anak agar dapat optimal maka diterapkan bermain sambil belajar menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE). APE yang digunakan dalam edukasi pengabdian masyarakat  ini yaitu dengan Origami dan Puzzle. Tujuan pengabdian masyarakat  ini Edukasi Perkembangan Motorik Halus pada Anak Usia Prasekolah dengan Metode Permainan Puzzle dan Origami di Paud Yasmin Tahun 2024. Kegiatan pengabdian masyarakat ini telah  dilaksanakan tanggal 6 Maret  2024 dengan sasaran orang tua yang mempunyai anak usia pra sekolah sejumlah 22 orang.  Metode yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah dengan teknik ceramah, diskusi dan tanya jawab secara offline (tatap muka). Setelah mengikuti kegiatan ini peserta mendapatkan update ilmu yang dapat diaplikasikan pada anaknya dan sebagai media pembelajaran bagi para ibu dan tenaga kesehatan khususnya bidan untuk dapat meningkatkan perkembangan motorik halus pada anak usia pra sekolah.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

K. Khadijah, and N. Ameìlia, “Asesmen Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun,” Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Peìndidikan Anak Usia Dini, voìl. 3, noì. 1, pp. 69–82, 2020.

S. Faridah, U. Hidayah, and N. Afifah, “Pengetahuan Ibu Berhubungan Dengan Status Motorik Halus Pada Anak Usia Dini,” Indoìneìsia Jurnal Peìrawat, voìl. 7, noì. 2, pp. 83–89, 2022.

D. G. Rezieka, et al., “Memfungsikan Jari Jemari melalui Kegiatan Mozaik sebagai Upaya Peningkatan Motorik Halus Anak Usia Dini,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 5, pp. 4321–4334, 2022

J. H. Karyawantoì, “Pengaruh Permainan Konstruktif (Origami) Terhadap Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Pra Sekolah 4-5 Tahun (Literatur Review),” Thesis, STIKes Insan Cendekia Medika Jombang, 2021.

F. A. Fatmawati, "Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini," Gresik: Caremedia Communication, 2020.

R. C. Dewi, "Teori & Konsep Tumbuh Kembah Bayi Toddler Anak dan Usia Remaja," Yogyakarta: Huha Medika," 2016.

A. R. T. D. M. M. E. Gustiana, “Perilaku sosial emosional anak usia dini,” Jurnal Golden Age, Univ. Hamzanwadi, vol. 04, no. 1, pp. 181–190, 2020.

C. E.Cameron, et al, “Fineì Moìtoìr Skills And Eìxeìcutiveì Functioìn Boìth Coìntributeì Toì Kindeìrgarteìn Achieìveìmeìnt,” NIH Public Acceìss, voìl. 83, noì. 4, pp. 1229–1244, 2012.

A. C. Ananditha, "Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Toddler," Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, vol. 2, no. 1, pp. 40–48, 2017.

J. A. P. L. Delgado, R. Montes, “Prevalence of psychomotor retardation and its relation toì the sensory profile in preschool children,” Jurnal of Human Growth and Development, vol. 26, no. 3, pp. 323–330, 2016.

W. Yustiyani, and W. Riyaningrum, “Efektivitas Kegiatan Meronce Dengan Media Manik-Manik Dan Media Origami Untuk Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah Di Tk Pertiwi Sokaraja Kulon,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 10, no. 1, pp. 814–823, 2024.

N. H. A. Paramita, S. S. Anjarwati, and S. I. Tirta, "Hubungan Pemberian Stimulasi Dengan Perkembangan Motorik Halus pada Anak Usia Prasekolah: Literature Review,” Skripsi Thesis, Universitas Aisyiyah Yogyakarta, 2021.

S. Ranuh., "Tumbuh Kembang Anak," Edisi 2. Jakarta: EGC, 2016.

F. P. Herliana, Herdy Juniawan, "Efektivitas Bermain Origami dan Bermain Plastisin (Lilin) Terhadap Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Praseìkoìlah Usia 4-5 Tahun," Dunia Keperawatan, vol. 7, no. 1, pp. 1–9, 2019.

M. Madyastuti, "Pengaruh Terapi Bermain Puzzle Terhadap Perkembangan Motorik Halus dan Kognitif Anak Usia Prasekolah (4-5 Tahun)," Jurnal of Ners Community, vol. 7, no. 2, pp. 113–128, 2016.

W. Jada and S. Salwiah, "Menstimulasi Perkembangan Motori Halus Anak Melalui Kegiatan Puzzle Stik Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Burangasi Rumbia Kecamatan Lapandewa," Jurnal Lentera Anak, voì. 1, no. 2, pp. 63–77, 2020.

L. Maghfuroh, "Metode bermain puzzle berpengaruh pada perkembangan motorik halus anak usia prasekolah," Jurnal Endurance Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, vol. 3, no. 1, pp. 55–60, 2018.

B. N. Astini, I. Rachmayani, and I. N. Suarta, "Identifikasi Pemafaatan Alat Permaian Edukatif (APE) Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini," Jurnal Pendidikan Anak, vol. 6, no. 1, pp. 31–40, 2017.

R. A. A. Zulfa and H. T. Utami, "Upaya peningkatan pembelajaran bahasa inggris melalui lagu dan permainan edukatif pada siswa SD Negeri Nusamangir," JETE: Jurnal of Education Teaching, vol. 3, no. 1, pp. 51–59, 2022.

N. Faizatin, “Peningkatan Motorik Halus Melalui Kegiatan Origami Pada Anak Kelompok A TK DWP Kedungrukem Benjeng Gresik Tahun Peìlajaran 2015/2016,” Pedagogig: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, pp. 80–88, 2018.

P. Y. Rahhayu, "Kreativitas Siswa melalui Pemanfaatan Media Kertas Origami Kelas 1 di MI Ma’arif Ngrupit," Thesis, IAIN Ponorogo, 2022.

F. N. K. R. A. D. Mulyaningsih, “Upaya Optimalisasi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah melalui Deteksi Dini Tumbuh Kembang,” Jurnal Inovasi dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, vol. 2, no. 2, pp. 6–9, 2023.

A. Wigunantiningsih and L. Fakhidah, "Penilaian Pertumbuhan Dan Perkembangan Balita Dengan Menggunakan Kpsp Di Paud Wijaya Kusuma Papahan Tasikmadu Karanganyar," Jurnal Peìngabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, vol. 2, no. 2, pp. 1–9, 2019.

Diterbitkan

30-11-2024

Cara Mengutip

Jayatmi, I., Purnamasari, Y. ., & Septiany, S. . (2024). Fine Motor Development Education for Preschool Children with Puzzle and Origami Game Methods . KRESNA: Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 4(2), 310–317. https://doi.org/10.36080/kresna.v4i2.173