Pelatihan Aplikasi Mendeley Reference Manager pada Mahasiswa untuk Meningkatkan Kemampuan Sitasi Karya Tulis Ilmiah

Penulis

  • Tini Adiatma Universitas Musamus
  • Adi Maulana Rachman Universitas Musamus
  • Elly Noer Universitas Musamus
  • Okto Irianto Universitas Musamus
  • Henie Poerwandar Asmaningrum Universitas Musamus

DOI:

https://doi.org/10.36080/kresna.v4i1.107

Kata Kunci:

mendeley, pelatihan, sitasi, karya ilmiah

Abstrak

Penulisan karya ilmiah perlu dilakukan dengan baik demi menjaga etika penulisan karya ilmiah. Sitasi hendaknya dilakukan secara akurat sehingga mengurangi plagiarisme. Kemampuan sitasi menjadi kemampuan yang penting dikuasai oleh mahasiswa. Perkembangan teknologi memberikan kemudahan dalam melakukan sitasi karya tulis ilmiah. Mendeley merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk mempermudah sitasi dalam penulisan karya ilmiah. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman mengenai aplikasi Mendeley, organisasi referensi, kesadaran plagiarism, dan kualitas sitasi pada mahasiswa sebagai upaya peningkatan kemampuan sitasi karya ilmiah mahasiswa. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan dengan melakukan pelatihan langsung berupa materi dan praktik penggunaan aplikasi Mendeley. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa pelatihan secara efektif meningkatkan pemahaman mengenai aplikasi Mendeley, organisasi referensi, kesadaran plagiarism, dan kualitas sitasi. Kegiatan ini diharapkan dapat dilakukan secara terus menerus dengan target berbeda, mengingat kemampuan ini tidak terintegrasi dalam kurikulum atau mata kuliah tertentu.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. Idris, S. Hendratmoko, D. A. Lestari, and A. A. T. Mulyono, “Pelatihan Mendeley Untuk Penulisan Sitasi Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa Universitas Islam Kadiri,” Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 3, no. 2, p. 105, 2021.

A. R. Wuryandini, L. Pakaya, and K. Hartana, “Pelatihan Mendeley Sebagai Manajemen Referensi bagi Mahasiswa,” Jurnal Sibermas (Sinergi Pemberdayaan Masyarakat), vol. 10, no. 3, pp. 452–467, 2021.

M. Anggraini and Alfian Saleh, “Pelatihan Mendeley Bagi Para Peneliti Muda Kota Pekanbaru,” Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 5, no. 6, pp. 1413–1420, 2021.

H. Yuningrum, S. Sahayati, F. J. Krisdiyanto, I. Kesehatan, and R. Yogyakarta, “Pelatihan Mendeley Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir, Universitas Respati Yogyakarta,” BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 4, pp. 667–671, 2022.

E. I. Goma et al., “Pelatihan Mendeley Reference Dalam Mengelola Referensi Karya Tulis Ilimiah,” 2022. [Online]. Available: www.trilogi.ac.id

O. Pramiastuti, D. S. Rejeki, and A. Pratiwi, “Pengenalan dan Pelatihan Sitasi Karya Ilmiah Menggunakan Aplikasi Mendeley,” Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia, vol. 1, no. 1, pp. 24–30, 2020.

M. F. Arransyah, W. Bharata, P. N. Aulia, A. Maulidia, and D. Ismaliana, “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Bagi Mahasiswa Dalam Pembuatan Daftar Pustaka,” vol. 3, no. 1, 2021.

A. Isma1, M. Ryketeng2, and I. W. Hasdiansa3, “Pelatihan Aplikasi Mendeley untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa,” MALAQBIQ: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 2, 2022.

Masdiana et al., “Pemberdayaan Masyarakat Ditinjau Dari Berbagai Aspek,” Penerbit Tahta Media, Aug. 2023, [Online]. Available: https://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/378

D. M. Elston, “Mendeley,” J Am Acad Dermatol, vol. 81, no. 5, p. 1071, 2019.

B. Ulum, A. Satria, L. Astutik, D. Rahayu, and P. Rahadianto, “Peningkatan Keterampilan Penulisan Karya Ilmiah melalui Penggunaan Sitasi Mendeley,” JILPI: Jurnal Ilmiah Pengabdian dan Inovasi, vol. 2, no. 3, pp. 661–672, 2024.

Diterbitkan

31-05-2024

Cara Mengutip

Adiatma, T., Rachman, A. M., Noer, E., Irianto, O., & Asmaningrum, H. P. (2024). Pelatihan Aplikasi Mendeley Reference Manager pada Mahasiswa untuk Meningkatkan Kemampuan Sitasi Karya Tulis Ilmiah. KRESNA: Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 88–94. https://doi.org/10.36080/kresna.v4i1.107