Pelatihan Quizizz Guna Meningkatkan Kemampuan Pendidik Dalam Mengevaluasi Belajar Siswa Pada SD Yadika 1 Jakarta
Quizizz Training to Improve Educators' Ability in Evaluating Student Learning at SD Yadika 1 Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.36080/jk.v2i2.40Keywords:
Training, community dedication, QuizizzAbstract
Pada kondisi pandemi, pelaksanaan pembelajaran untuk siswa sekolah silih berganti antara tatap muka langsung dan pembelajaran jarak jauh. Melaksanakan pendidikan jarak jauh memberikan tantangan lebih bagi tenaga pendidik. Tenaga pendidik dituntut untuk meningkatkan kompetensi dan literasi digital agar dapat melaksanakan proses belajar mengajar yang lebih efektif. SD Yadika 1 merupakan sekolah yang memberikan layanan pendidikan dasar bagi masyarakat. Sekolah ini memiliki program untuk meningkatkan kualitas kompetensi tenaga pendidik secara berkesinambungan. Bertepatan program pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk menyebarluaskan pemanfaatan keilmuan praktis di masyarakat, maka kegiatan pelatihan ini dilaksanakan. Tema pelatihan Quizizz dipilih berdasarkan pertimbangan bahwa layanan ini dapat dimanfaatkan baik pada Pertemuan Tatap Muka (PTM) maupun pada sesi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Target dari pelatihan ini adalah meningkatkan kompetensi tenaga pendidik untuk memahami, mengoperasi, dan memanfaatkan layanan Quizizz dalam proses belajar mengajar. Kegiatan ini dilaksanakan melalui tahapan yang terstruktur, mulai dari perencanaan pada awal November 2021, pelaksanaan pelatihan pada 27 Januari 2022, hingga pembuatan laporan. Hasil dari pelatihan ini adalah peningkatan pemahaman peserta terhadap aplikasi Quizizz sebesar 42,3%. Peserta berpendapat bahwa pelaksanaan kegiatan berlangsung baik (31%) atau sangat baik (69%), dan kejelasan penyampaian materi baik (50 %) atau sangat baik (50%).
Downloads
References
H. Triari, “Indeks Literasi Digital Indonesia 3.49, Ini yang Bisa Dilakukan Pemerintah,” https://aptika.kominfo.go.id/, 2022. https://aptika.kominfo.go.id/2022/03/indeks-literasi-digital-indonesia-3-49-ini-yang-bisa-dilakukan-pemerintah/ (accessed Sep. 24, 2022).
M. A. Ma’ruufah, R. Gestiardi, and M. Chumdari, “Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Daring Era Covid-19 Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar,” J. NALAR Pendidik., vol. 9, no. 1, 2021.
J. C. Chandra, I. Irawan, and H. Irawan, “Pelatihan Google Classroom dan Google Form Bagi Pendidik pada SD Yadika 1 Jakarta,” KRESNA: Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 147–156, 2022.
W. Waktu, “Meningkatkan Ketrampilan Guru Dalam Membuat Media Pembelajaran Matematika Melalui Workshop Media Pembelajaran Di SDN-1 Babual Baboti,” Bitnet J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 4, no. 2, pp. 32–36, 2019.
A. Rulyansah, “Pelatihan Pengembangan Soal HOTS dengan Memanfaatkan Quizizz untuk Guru Sekolah Dasar Pedesaan,” Indones. Berdaya, vol. 3, no. 1, pp. 165–172, Jan. 2022.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, 25th ed. Bandung - Indonesia: Alfabeta, 2017.
M. P. Dr. Haryanto and S. Amalia, Evaluasi Pembelajaran (Konsep dan Manajemen). Yogyakarta: UNY Press, 2020.
B. Sudaryana and R. Agusiady, Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Deepublish, 2022.
Sugeng Prianto, Darwin Hamisi, and Evi Octaviana, “Metode Pendidikan Agama Islam dalam Al-Qur’an,” Turots J. Pendidik. Islam, vol. 2, no. 2, 2021, doi: 10.51468/jpi.v2i2.45.
I. N. Sudirman, Modul Seminar Mata Pelajaran. Badung-Bali: Nilacakra, 2021.
Karmilasari, A. B. Kurniawan, and A. Pertiwi, “Pengembangan Model Alternatif Praktikum Jaringan Komputer Secara Mandiri Berbasis TIK,” J. Nas. Pendidik. Tek. Inform., vol. 3, no. 3, pp. 118,-123, 2014.