Uji Kelayakan Rancangan Media Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi CapCut Pada Mata Pelajaran Tik

Authors

  • Dewi Surani Universitas Bina Bangsa
  • Inggit Eka Wahyuni Universitas Bina Bangsa
  • Fajar Hayyin Universitas Al-Khairiyah

DOI:

https://doi.org/10.36080/kresna.v4i2.148

Keywords:

Design, Learning Video Media, CapCut, ICT

Abstract

Penelitian ini fokus pada tujuan untuk merancang video pembelajaran menggunakan aplikasi CapCut dan mengetahui apakah media video pembelajaran layak atau valid. Diharapkan video pembelajaran yang menggunakan aplikasi CapCut ini akan meningkatkan daya serap dan minat siswa terhadap mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Menggunakan metode Research and Development (R&D) dimana secara spesifik menggunakan model 4-D, yang terdiri dari pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Disseminate). Siswa kelas VIII SMPIT Bina Bangsa adalah subjek dari penelitian ini. Data dikumpulkan melalui uji validasi atau kelayakan yang terdiri dari kuesioner yang diberikan kepada pakar media dan pakar materi. Hasil akhir dari uji kelayakan berdasakaran penilaian dua pakar media mencapai 97,00%, yang dianggap sangat layak, dan penilaian satu pakar materi mencapai 90,00%, yang dianggap sangat layak. Dengan demikian, video yang telah dibuat dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

L. G. Hanafiani, et al, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika ‘Math-U’ Berbasis Aplikasi Android Pada Siswa Kelas Xi Di SMAN 5 Kota Serang Pada Materi Limit Fungsi,” Jurnal Eduscience, vol. 9, no. 2, pp. 305–314, 2022.

M. Kamlin and T. C. Keong, “Adaptasi Video dalam Pengajaran dan Pembelajaran,” Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), vol. 5, no. 10, pp. 105–112, 2020.

D. Surani, et al, Konsep Dasar Media Pembelajaran. Cendikia Mulia Mandiri, 2024.

S. Maymunah and S. Watini, “Pemanfaatan Media Video Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 5, no. 2, pp. 4120–4127, 2021.

Y. Wiharto and G. Gata, “Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Screen Recorder Di SMP Negeri 182 Training for Making Learning Videos Using Screen Recorders at SMP Negeri 182,” KRESNA: Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, vo. 2, no. 2, pp. 281-289, 2022.

Z. Khalid, et al, “Pelatihan Pembuatan Toko Online Menggunakan WordPress Pada SMK Triguna 1956 dalam Peningkatan Model Pembelajaran Teaching Factory,” KRESNA: Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, vol. 4, no. 1, pp. 124–130, 2024.

A. Lestari, A. Suryadi, and A. Ismail, “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Model Tutorial Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran TIK,” Jurnal PETIK, vol. 6, no. 1, pp. 18-26, 2020.

B. Taib and N. Mahmud, “Analisis Kompetensi Guru PAUD dalam Membuat Media Video Pembelajaran,” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 3, pp. 1799–1810, 2021.

C. Wulandari et al, “Kelayakan Media Video Pembelajaran pada Materi Proses Membuat Bentuk di SMK Negeri 8 Surabaya,” vol. 7, no. 2, pp. 18013–18019, 2023.

B. Nabilah, et al, “Analisis Penerapan Mata Pelajaran Informatika dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Tingkat SMP,” PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, vol. 1, no. 1, pp. 110–119, 2023.

D. Rhamdan, “Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Capcut Pada Materi Pernapasan Manusia,” Justek: Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 7, no. 1, pp. 56–74, 2024.

Z. Xu, S. English, and D. Lu, “Video Editing On Mobile Platform,” United States: Patent Application Publication, 2015.

M. I. Aulia, et al., “CapCut untuk Pendidikan Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Interaktif bagi Guru SDIT Luqman Al-Hakim Yogyakarta,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, vol. 2, no. 6, pp. 2031-2035, 2024.

D. Wulan, et al, “Analysis of User Experience of the CapCut Application in Generation Z for Social Media Content Using the User Experience Questionnaire Method,” Scientific Journal of Informatics, vol. 11, no. 3, pp. 721–732, 2024.

P. F. Zulfa, A. E. Widodo, F. Fandhilah, and D. Abror, “Pelatihan Membuat dan Mengedit Video Menggunakan Aplikasi CapCut Pada Pondok Pesantren Modern Dar Al-Faradis,” Community Empowerment Journal, vol. 1, no. 3, pp. 110–121, 2023.

M. N. Kholifah, and E. R. Saputra, “Pengembangan Media Video Pembelajaran IPA Menggunakan Aplikasi Capcut di kelas V SD,” vol. 7, no. 1, pp. 1-10, 2023.

A. Permadi, et al, “Perancangan Media Pembelajaran Bola Basket Berbasis Video Untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Bengkulu,” Jurnal Ilmu Keolahragaan, vol. 6, no. 1, pp. 25-34, 2023.

D. Mapicayanti and A. Fathoni, “Perancangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Mendesai Jaringan Lokal/Lan Kelas X TKJ,” EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatik, vol.2, no. 2, pp. 59-65, 2018.

Saksono et al., Teori Belajar dalam Pembelajaran, Cendekia Mulia Mandiri, 2023.

Downloads

Published

30-11-2024

How to Cite

Surani, D., Inggit Eka Wahyuni, & Fajar Hayyin. (2024). Uji Kelayakan Rancangan Media Video Pembelajaran Berbasis Aplikasi CapCut Pada Mata Pelajaran Tik. KRESNA: Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 4(2), 170–179. https://doi.org/10.36080/kresna.v4i2.148