Meningkatkan Kesadaran Menabung Sejak Dini Kepada Siswa MI Al-Khairiyah Pulokencana

Authors

  • Fajar Hayyin Universitas Al-Khairiyah
  • Dewi Surani Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.36080/kresna.v4i2.147

Keywords:

menabung, pendidikan keuangan, pengabdian masyarakat, siswa MI, disiplin keuangan

Abstract

Menabung adalah salah satu kebiasaan positif yang sebaiknya diajarkan sejak usia dini karena memiliki dampak yang signifikan dalam membentuk karakter yang disiplin, bertanggung jawab, dan bijak dalam mengelola keuangan. Kebiasaan menabung lebih dari sekadar menyimpan uang, tetapi juga merupakan cara untuk melatih siswa dalam perencanaan finansial dan mengembangkan keterampilan pengambilan keputusan yang baik. Artikel ini mendeskripsikan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan dengan tujuan mengedukasi siswa-siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Khairiyah di Desa Pulokencana, tentang pentingnya menabung. Edukasi ini dirancang dengan pendekatan yang interaktif dan menyenangkan, sehingga materi mudah diserap dan dipahami oleh siswa-siswa MI Al-Khairiyah. Kegiatan ini tidak hanya memberikan wawasan kepada siswa-siswa tentang konsep dasar menabung, tetapi juga mendorong mereka untuk mulai membangun kebiasaan positif yaitu menabung dalam kehidupan sehari-hari. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa, yang terlihat dari kemampuan mereka dalam menjelaskan pentingnya menabung dan menyusun tujuan menabung yang sederhana. Sehingga membantu siswa-siswa mengembangkan kebiasaan yang bermanfaat bagi masa depan mereka.

Menabung adalah salah satu kebiasaan positif yang sebaiknya diajarkan sejak usia dini karena memiliki dampak yang signifikan dalam membentuk karakter yang disiplin, bertanggung jawab, dan bijak dalam mengelola keuangan. Kebiasaan menabung lebih dari sekadar menyimpan uang, tetapi juga merupakan cara untuk melatih siswa dalam perencanaan finansial dan mengembangkan keterampilan pengambilan keputusan yang baik. Artikel ini mendeskripsikan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan dengan tujuan mengedukasi siswa-siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Khairiyah di Desa Pulokencana, tentang pentingnya menabung. Edukasi ini dirancang dengan pendekatan yang interaktif dan menyenangkan, sehingga materi mudah diserap dan dipahami oleh siswa-siswa MI Al-Khairiyah. Kegiatan ini tidak hanya memberikan wawasan kepada siswa-siswa tentang konsep dasar menabung, tetapi juga mendorong mereka untuk mulai membangun kebiasaan positif yaitu menabung dalam kehidupan sehari-hari. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa, yang terlihat dari kemampuan mereka dalam menjelaskan pentingnya menabung dan menyusun tujuan menabung yang sederhana. Sehingga membantu siswa-siswa mengembangkan kebiasaan yang bermanfaat bagi masa depan mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

I. Rolanda, A. A. Mulia, and M. Laksmiwati, “Edukasi Perencanaan Keuangan Keluarga Bagi Mitra–Beeme Skincare,” Kresna: Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 2, pp. 255-261, 2022.

T. R. Izzalqurny, A. Hikami, A. R. Hamim, and U. Rizkiyah, “Edukasi Pentingnya Menabung Bagi Siswa-Siswi MI Miftahul Huda Desa Duwet Krajan,” Jurnal Abdimas PHB, vol. 5, no. 3, pp. 626–633, 2022.

R. W. M. Riski, A. K. Nuzuli, and W. Oktaviana, “Meningkatkan Kesadaran Budaya Menabung Sejak Dini Pada Anak-anak Pengajian Masjid Istiqomah di Nagari Batang Arah Tapan,” Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, vol. 2, no. 4, pp. 346–351, 2023.

M. P. Vidia and Muslih, “Meningkatkan Kesadaran Menabung Pada Anak-Anak Sejak Dini di Desa Sampali Kecamatan Percut Sei Tuan,” Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 1, pp. 1–7, 2022.

B. Mogelea, D. Setyaningsih, M. Sucihati, P. Radiah Wakulu, and E. Budiarti, “Edukasi Menabung dalam meningkatkan Literasi Finansial Anak Usia Dini di TK Tunas Muda IKKT Jati Makmur,” AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, vol. 09, no. 2, pp. 1029-1037, 2023.

M. A. Putri, et al, “Edukasi Bagi Anak-Anak Mengenai Manfaat Menabung Sejak Dini Di Desa Mekar Mulya,” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata, vol. 1, no. 2, pp. 64–68, 2021.

K. Nuringsih, E. Edalmen, N. Mn, and V. Apriana, “’Ayo Menabung dan Ayo Berbagi’: Bersama RA Toufiqurrahman di Beji Timur Depok,” SENADA: Semangat Nasional Dalam Mengabdi, vol. 1, no. 2, pp. 152–161, 2020.

H. Z. Lubis, et al, “Tingkatkan Kesadaran Siswa Melalui Budaya Menabung Sejak Dini Di Desa Sidourip Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang,” Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, vol. 1, no. 1, 2019, pp. 149-199.

A. Aprilita, et al, “Pendampingan Edukasi Keuangan Bagi Peserta Didik SMP Isen Mulang Palangka Raya,” Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, vol. 1, no. 4, pp. 344–353, 2023.

A. M. Igamo, et al, “Edukasi Pentingnya Menabung Sejak Dini di Desa Kota Daro II,” Jurnal Pengabdian Aceh, vol. 1, no. 4, pp. 214-218, 2021.

Downloads

Published

30-11-2024

How to Cite

Fajar Hayyin, & Dewi Surani. (2024). Meningkatkan Kesadaran Menabung Sejak Dini Kepada Siswa MI Al-Khairiyah Pulokencana. KRESNA: Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 4(2), 225–232. https://doi.org/10.36080/kresna.v4i2.147