Pelatihan Aplikasi Mendeley Reference Manager Pada Mahasiswa untuk Meningkatkan Kemampuan Sitasi Karya Tulis Ilmiah
DOI:
https://doi.org/10.36080/kresna.v4i1.107Keywords:
mendeley, sitasi, pelatihanAbstract
Penulisan karya ilmiah dengan melakukan sitasi akurat penting untuk dikuasai oleh mahasiswa sebagai wujud menjaga etika penulisan karya ilmiah. Namun, faktanya masih sedikit mahasiswa yang menggunakan aplikasi sitasi berbasis teknologi dalam penulisan karya ilmiah. Oleh sebab itu, perlu dilakukan pelatihan penggunaan aplikasi sitasi, salah satunya adalah aplikasi Mendeley, karena aplikasi ini salah satu aplikasi sitasi yang mudah digunakan. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman mengenai aplikasi Mendeley, organisasi referensi, kesadaran plagiarism, dan kualitas sitasi pada mahasiswa sebagai upaya peningkatan kemampuan sitasi karya ilmiah mahasiswa. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan dengan melakukan pelatihan langsung berupa materi dan praktik penggunaan aplikasi Mendeley. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa pelatihan secara efektif meningkatkan pemahaman mengenai aplikasi Mendeley, organisasi referensi, kesadaran plagiarism, dan kualitas sitasi. Kegiatan ini diharapkan dapat dilakukan secara terus menerus dengan target berbeda, mengingat kemampuan ini tidak terintegrasi dalam kurikulum atau mata kuliah tertentu
Downloads
References
A. Idris, S. Hendratmoko, D. A. Lestari, and A. A. T. Mulyono, “Pelatihan Mendeley Untuk Penulisan Sitasi Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa Universitas Islam Kadiri,” Cendekia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 3, no. 2, p. 105, 2021.
A. R. Wuryandini, L. Pakaya, and K. Hartana, “Pelatihan Mendeley Sebagai Manajemen Referensi bagi Mahasiswa,” Jurnal Sibermas (Sinergi Pemberdayaan Masyarakat), vol. 10, no. 3, pp. 452–467, 2021.
M. Anggraini and Alfian Saleh, “Pelatihan Mendeley Bagi Para Peneliti Muda Kota Pekanbaru,” Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 5, no. 6, pp. 1413–1420, 2021.
H. Yuningrum, S. Sahayati, F. J. Krisdiyanto, I. Kesehatan, and R. Yogyakarta, “Pelatihan Mendeley Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir, Universitas Respati Yogyakarta,” BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 3, no. 4, pp. 667–671, 2022.
E. I. Goma et al., “Pelatihan Mendeley Reference Dalam Mengelola Referensi Karya Tulis Ilimiah,” 2022. [Online]. Available: www.trilogi.ac.id
O. Pramiastuti, D. S. Rejeki, and A. Pratiwi, “Pengenalan dan Pelatihan Sitasi Karya Ilmiah Menggunakan Aplikasi Mendeley,” Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia, vol. 1, no. 1, pp. 24–30, 2020.
M. F. Arransyah, W. Bharata, P. N. Aulia, A. Maulidia, and D. Ismaliana, “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Mendeley Bagi Mahasiswa Dalam Pembuatan Daftar Pustaka,” vol. 3, no. 1, 2021.
A. Isma1, M. Ryketeng2, and I. W. Hasdiansa3, “Pelatihan Aplikasi Mendeley untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa,” MALAQBIQ: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 2, 2022.
Masdiana et al., “Pemberdayaan Masyarakat Ditinjau Dari Berbagai Aspek,” Penerbit Tahta Media, Aug. 2023, [Online]. Available: https://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/378
D. M. Elston, “Mendeley,” J Am Acad Dermatol, vol. 81, no. 5, p. 1071, 2019.
B. Ulum, A. Satria, L. Astutik, D. Rahayu, and P. Rahadianto, “Peningkatan Keterampilan Penulisan Karya Ilmiah melalui Penggunaan Sitasi Mendeley,” JILPI: Jurnal Ilmiah Pengabdian dan Inovasi, vol. 2, no. 3, pp. 661–672, 2024.