Penerapan Algoritma CNN Untuk Mengenali Jenis Kelamin Yang Berinteraksi Pada Video Advertising

Authors

  • Riko Firmansyah Universitas Budi Luhur
  • Siswanto Siswanto Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.36080/kresna.v3i2.93

Keywords:

Convolutional Neural Network, Advertising, Artificial Intelligence

Abstract

Iklan adalah salah satu bentuk sarana dalam menyampaikan sebuah informasi ataupun promosi. Sebagai salah satu contoh media penyampaian iklan adalah dengan digital signage. Akan tetapi, saat ini bagi penyedia layanan tersebut memiliki sebuah permasalahan dalam penempatan iklan. Penempatan iklan saat ini kurang efektif dan tidak tepat. Hal tersebut dikarenakan sistem yang digunakan dalam menentukan tempat iklan masih manual dan belum memanfaatkan teknologi untuk menganalisa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan guna membuat sistem iklan yang lebih baik dengan cara memanfaatkan teknologi artificial intelligence. Sistem yang dibuat ini akan melakukan pengklasifikasian jenis kelamin terhadap objek atau orang yang lewat. Untuk pengklasifikasian jenis kelamin objek atau orang tersebut, dirancang menggunakan sebuah algoritma Convolutional Neural Network (CNN). Dimana objek yang lewat akan terdeteksi oleh kamera yang disediakan, lalu diproses ke dalam sistem dengan algoritma CNN. Setelah itu akan muncul sebuah hasil prediksi dari pengklasifikasian jenis kelamin objek atau orang tersebut. Sehingga dengan mengetahui jenis kelamin objek atau orang tersebut, sistem akan menghasilkan sebuah output berupa prediksi video iklan yang akan tampil pada layar monitor. Hal ini berguna agar layanan iklan lebih tertarget dan menjadi efektif. Hasil pengujian sistem dari 30 percobaan diperoleh berupa akurasi sebesar 90,5% terhadap uji citra digital dan 100% terhadap video iklan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatihudin D and Firmansyah A, “Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan”, 1st, Agus Surya Bharmawan, Yogyakarta, Deepublish, 2019,

(2023) KBBI Daring website. [Online]. Available: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/video/

Lubis M. S. Y, “Implementasi Artificial Intelligence Pada System Manufaktur Terpadu,” in Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU, 2021, p.1.

Wiley and Lucas, “Computer Vision and Image Processing,” International Journal of Artificial Intelligence Research., vol. 2, pp. 28-36, Feb. 2018.

M.K. Anam, “82 Metode Eigenface / Principle Component Analysis (PCA) Untuk Identifikasi Wajah Manusia,” JUTIS (Jurnal Teknik Informatika)., vol. 6, pp.82-88, Feb. 2020.

M. Verdiansyah and A. Solichin, “Identifikasi Wajah Pada Rekaman Video Zoom Untuk Presensi Kuliah Daring Dengan Metode Haar Cascade Dan Algoritma Convolutional Neural Network,” Jurnal Ilmiah Informatika., vol. 7, pp. 117-127, Dec. 2022.

Armandhani, R., Wihandika, R. C., & Rahman, M. A, “Klasifikasi Gender berbasis Wajah menggunakan Metode Local Binary Pattern dan Random KNN.” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer., vol. 3, pp. 7575–7582, Aug. 2019.

Teguh A.C, Nachrowie, and Irfan Mujahidin, “Pengaturan Tampilan Menurut Usia Pada Papan Iklan Digital Dengan Menggunakan Metode Jaringan Saraf Tiruan,” Alinier Jurnal., vol. 1, pp. 71-81, Nov. 2020.

M.R. Alwanda, R.P.K. Ramdhan, and D. Alamsyah, “Implementasi Metode Convolutional Neural Network Menggunakan Arsitektur LeNet-5 untuk Pengenalan Doodle,” Jurnal Algoritme., vol. 1, pp. 45-56, Oct. 2020.

M.W.B. Santoso, R.C. Wihandika, and M.A. Rahman “Ekstraksi Ciri untuk Klasifikasi Jenis Kelamin berbasis Citra Wajah menggunakan Metode Compass Local Binary Patterns,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer., vol. 3, pp. 10556-10563, Jan. 2020.

A. Yusuf, R.C. Wihandika, and C. Dewi, “Klasifikasi Emosi Berdasarkan Ciri Wajah Menggunakan Convolutional Neural Network,” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer., vol. 3, pp. 10595-10604, Nov. 2019.

Downloads

Published

30-11-2023

How to Cite

Riko Firmansyah, & Siswanto Siswanto. (2023). Penerapan Algoritma CNN Untuk Mengenali Jenis Kelamin Yang Berinteraksi Pada Video Advertising. KRESNA: Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 3(2), 166–173. https://doi.org/10.36080/kresna.v3i2.93