Peningkatan Literasi Keuangan Bagi Siswa Rumah Pintar Aksara (RPA) Kandang Gede, Kresek, Tangerang, Banten
DOI:
https://doi.org/10.36080/kresna.v3i1.70Keywords:
Literasi, Keuangan, JasaAbstract
Tujuan dari Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dijalankan adalah untuk memberikan pengetahuan tambahan tentang literasi keuangan terkait layanan keuangan. bagi anak anak didik Rumah Pintar Aksara (RPA) Kandeng Gede, Kresek. Langkah ini diambil karena survei awal menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan literasi keuangan anak didik masih rendah. Oleh karena itu, materi yang disampaikan berfokus pada literasi keuangan mengenai Otoritas Jasa Keuangan, Bank, Dana Pensiun, Pembiayaan, Pergadaian, Asuransi, Ekonomi Syariah serta Pasar Modal. Metode pelatihan dilakukan melalui pemaparan materi secara tatap muka dan diselingi video edukatif berbentuk animasi untuk meningkatkan minat para peserta untuk memahami materi pengenalan jasa keuangan. Program Pelatihan ini diselenggarakan oleh tim dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Budi Luhur. Dari program pelatihan ini, peserta menunjukkan antusiasme yang tinggi, terlihat dari semangat mereka dalam sesi tanya jawab yang dilengkapi dengan kuis berhadiah. Peserta menjadi lebih paham tentang jasa-jasa keuangan, sehingga membantu mereka agar dapat menggunakan produk dan jasa keuangan sesuai dengan kebutuhan individu.
Downloads
References
Pentingnya Pengenalan Literasi Keuangan Sejak PAUD. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2018.
R. F. Oktaviani, R. Meidiyustiani, Qodariah, and H. Iswati, “Edukasi Menumbuhkan Literasi Finansial Pada Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19,” J. Abdi MOESTOPO, vol. 5, no. 2, pp. 133–140, 2022, doi: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i2.1654.
A. Hanifah, Maswanto, Mutmainah, Riyanti, M. Hamdan, and Robiah, “Pentingnya Literasi Keuangan untuk Anak Usia Dini di TK Islam Melati, Kelurahan Cempaka Putih Kecamatan Ciputat Timur Tangerang Selatan,” Semin. Nas. Pengabdi. Masy. LPPM UMJ, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat
Strategi Nasional literasi keuangan indonesia (snlki) 2021-2025. Otoritas Jasa Keuangan. Otoritas Jasa Keuanga, 2021. [Online]. Available: ojk.go.id
B. Sholeh, “Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Pamulang,” PEKOBIS J. Pendidikan, Ekon. dan Bisnis, vol. 4, no. 2, 2019, [Online]. Available: http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Pekobis/article/view/4306/3245
F. F. Lahallo, F. G. J. Rupilele, S. M. W. Muskita, A. Y. Ferdinandus, R. R. Pakpahan, and L. O. Madina, “Pentingnya Pengenalan Literasi Keuangan Bagi Anak Usia Dini Pada Rumah Baca Kanaan Kota Sorong,” J-DEPACE-Journal Dedication to Papua Community, vol. 5, no. 2, pp. 42–56, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.lpmiunvic.ac.id/index.php/jpkm
Laila, Viving, S. Hadi, and Subanji, “Pelaksanaan Pendidikan Literasi Finansial pada Siswa Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 4, no. 11, p. 1491—1495, 2019, [Online]. Available: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/ EISSN: 2502-471X DOAJ-SHERPA/RoMEO-Google Scholar-IPI
H. Aravik and A. Tohir, “Meningkatkan Pemahaman Literasi Finansial Pada Siswa SMK Muhammadiyah 1 Kota Palembang,” J. Pengabdi. Kpd. Masyarakat, AKM (Aksi Kpd. Masyarkat) STEBIS IGM, vol. 3, no. 1, 2022, doi: https://doi.org/10.36908/akm.v3i1.429.
D. Ariyani, “Pendidikan Literasi Keuangan pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Purwokerto,” Yinyang J. Stud. Islam Gend. Dan Anak, vol. 13, no. 2, pp. 175–190, 2018, [Online]. Available: https://doi.org/10.24090/yinyang.v13i2.210
Nurdiana, A. S. Riesso, M. Hasan, Mustari, and Nurjannah, “PKM Literasi Keuangan,” Semin. Nas. Has. Pengabdi. 2021 Penguatan Riset,Inovasi dan Kreat. Peneliti di Era Pandemi Covid 19, 2021, doi: ISBN : 978-623-387-015-3.
F. K. Anggarani, P. A. Satwika, and R. Setyowati, “Pendampingan Program Edukasi Literasi Keuangan berbasis Pretend Play bagi Guru dan Orang Tua: Upaya Meningkatkan Gemar Menabung Anak Usia Dini,” SMART Soc. Empower. J., vol. 2, no. 1, pp. 12–18, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.uns.ac.id/sse/article/view/60094