Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Upaya Mengenalkan Tata Krama Dan Sopan Santun Pada Anak Usia 5-6 Tahun
Utilization of Quizizz Application To Introduce Etiquette and Politeness for Children Around 5 to 6 Years Old
DOI:
https://doi.org/10.36080/jk.v2i1.18Keywords:
tata krama, sopan santun, media quizizz, anak usia 5-6 tahunAbstract
Tata krama dan sopan santun menjadi hal yang perlu mendapat perhatian terutama di masa pandemi Covid-19 yang terjadi di era digitalisasi. Kondisi pandemi menyebabkan ketiadaan kesempatan yang cukup bagi anak untuk mempelajari tata krama dan sopan santun melalui interaksi secara langsung. Tingginya interaksi anak dengan gadget, juga dikhawatirkan akan berdampak pada perilaku-perilaku negatif yang dapat muncul pada saat anak berinteraksi dengan lingkungan di luar keluarganya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengenalkan anak mengenai tata krama dan sopan santun dengan memanfaatkan mediaquizizz. Kegiatan diikuti oleh orang tua yang mempunyai anak usia 5-6 tahun berjumlah 10 orang tua, dengan bentuk kegiatan berupa sosialisasi, pelatihan dan pendampingan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa setelah orangtua mengenalkan tata krama dan sopan santun kepada anak, terlihat anak mampu mengaplikasikan tata krama dalam kesehariannya seperti megucapkan terima kasih jika menerima sesuatu, mengucapkan kata maaf jika melakukan kesalahan yang di sengaja atau tidak sengaja, mengucapkan kata permisi serta mengucapkan kata tolong jika ingin meminta bantuan. Sehingga dapat dikatakan bahwa media quizizz dapat digunakan untuk mengenalkan tata krama dan sopan santun kepada anak usia 5-6 tahun.
Downloads
References
N. Hamzah, Pengembangan Sosial Anak Usia Dini. hal 20-24, Pontianak: IAIN Pontianak Press, 2015.
Dewi, Teori dan Konsep Tumbuh Kembang Bayi, Toddler, Anak dan Usia Remaja, Yogyakarta: Huha Medika, 2015.
S. S. Ndari and dkk, Metode Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini. hal 1-13, Tasikmalaya: Edu Publisher, 2018.
M. Ni'mah, Tata Krama, Sopan Santun Dan Rasa Malu, Klaten: Penerbit Cempaka Putih, 2019.
M. Q. Shihab, Yang Hilang Dari Akhlak. hal 126, Tangerang: Lentera Hati, 2016.
D. F. Shaula and N. Hasyim, "Menanamkan Konsep Tata Krama pada Anak Melalui Perancangan Game Edukasi," Jurnal Informatika Upgris Vol. 3, No. 1 P/E-ISSN: 2460-4801/2447-6645, pp. 39-44, 2017.
D. Wahyudi and I. M. Arsana, "Peran Keluarga Dalam Membina Sopan Santun Anak Di Desa Galis Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan," Kajian Moral dan Kewarganegaraan, vol. 1, no. 2, pp. 290-304, 2014.
A. N. Fadhilah, "Pendidikan Tata Krama Untuk Anak Usia Dini," THUFULI: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, vol. 3, no. 2, pp. 2-8, 2021.
N. M. Hasanah and T. C. Kusumandyoko, "Perancangan Flap Book Tentang Tata Krama Masyarakat Jawa Untuk Anak Usia Prasekolah," Jurnal Seni Rupa, vol. 6, no. 02, pp. 1-11, 2018.
V. A. Fatayatie and A. Kadarisman, "Perancangan Media Edukasi Tata Krama Untuk Anak Balita Designing Educational Media Of Ethics For Toddler," e-Proceeding of Art & Design, vol. 4, no. 3, pp. 318-323, 2017.
R. Putrihapsari and Dimyati, "Penanaman Sikap Sopan Santun dalam Budaya Jawa pada Anak Usia Dini," Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 2059-2070, 2019.
Q. Aini, "Pengembangan Karakter Sopan Santun Melalui Kegiatan Bermain Peran Pada Anak Usia Dini Di TK Adirasa Jumiang," Islamic Edukids: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 01, no. 02, pp. 41-48, 2019.
A. C. D. D. Puspitasari and Z. Karyati, "Pengenalan Huruf Abjad Pada Anak Taman Kanak-kanak Melalui Quizizz," Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 7, no. 7, p. 267-272, 2021.
A. C. D. D. Puspitasari, Z. Karyati and Rahmawati, "Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Di TK Dian Pratama Jakarta Timur," Jurnal Masyarakat Negeri Rokania, vol. 3, no. 1, pp. 132-137, 2022.
Rahmawati and V. Ramdhan, "Penerapan Pembelajaran Membaca Pada Usia Dini Menggunakan Aplikasi Quizizz," Seminar Nasionar Riset dan Inovasi Teknologi (SEMNAS RISTEK), pp. 842-845, 2021.
M. L. Girsang and Hilma Mithalia Shalihat, "Penggunaan Aplikasi Quizizz Pada Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Kalam Kudus Medan," Jurnal Abdimas Mutiara, vol. 3, no. 1, pp. 307-315, 2022.
Y. Setyowati, "Pola Komunikasi Keluarga dan Perkembangan Emosi Anak (Studi Kasus Penerapan Pola Komunikasi Keluarga dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Emosi Anak dalam Keluarga Jawa)," Jurnal Ilmu Komunikasi, vol. 2, no. 1, pp. 67-78, 2015.
A. Wibowo and G. , Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.