Analisis Transaksi Penjualan Produk Minuman Kopi Menggunakan Metode Association Rule Dengan Algoritma Apriori

Authors

  • Robby Suganda Universitas Budi Luhur
  • Achmad Solichin Universitas Budi Luhur

DOI:

https://doi.org/10.36080/kresna.v4i1.132

Keywords:

Data Mining, Penjualan, Minuman Kopi

Abstract

Coffee Shop Meetologi menghadapi tantangan dalam memanfaatkan data transaksi penjualannya untuk analisis yang dapat meningkatkan penjualan. Mereka kesulitan menentukan menu paket untuk promosi dan cross-selling produk. Untuk mengatasi masalah ini, mereka memutuskan untuk menerapkan metode Association Rule dan algoritma Apriori melalui analisis pada data ransaksi penjualan produk. Metode ini memungkinkan mereka untuk menemukan pola pembelian yang dapat mendukung pengambilan keputusan bisnis, seperti melakukan penawaran produk kepada pelanggan dan menyusun menu paket promosi. Penelitian ini menggunakan algoritma Apriori untuk mengembangkan pola kombinasi produk pada Coffee Shop Meetologi yang dipesan oleh pelanggan berdasarkan data transaksi penjualan dari 1 Agustus 2023 hingga 31 Oktober 2023. Dengan menerapkan metode Association Rule dan algoritma Apriori, Coffee Shop Meetologi bermaksud mengidentifikasi pola pembelian unik pelanggan, terutama saat membeli beberapa jenis produk dalam satu transaksi. Hasil analisis dengan nilai minimun dukungan 2 dan nilai minimun keyakinan 35 menghasilkan pembentukan 7 rule asosiasi. Rule asosiasi yang terbentuk memiliki nilai confidence tertinggi sebesar 50,00%, yang terjadi pada kombinasi produk Rice Bowl Blackpaper dan Kopitologi, dengan nilai uji lift sebesar 1,54, menunjukkan korelasi positif. Dengan adanya pola asosiasi yang ditemukan, Coffee Shop Meetologi dapat memberikan rekomendasi produk yang cocok kepada pelanggan berdasarkan aturan asosiasi yang telah terbentuk. Maka dari itu, informasi tersebut dapat digunakan dalam merancang strategi bisnis, seperti menciptakan menu baru atau paket bundling yang lebih menarik

Downloads

Download data is not yet available.

References

D. Maulana and M. Kiptiyah, “Analisa Pembelian Konsumen Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Pada Galeri Elzatta Cikarang,” Jurnal Teknologi Pelita Bangsa, vol. 10, pp. 18–26, 2019.

F. Amsury, I. Kurniawati, and M. Rizki Fahdia, “Implementasi Association Rules Menentukan Pola Pemilihan Menu Di the Gade Coffee & Gold Menggunakan Algoritma Apriori,” INFOTECH journal, vol. 9, no. 1, pp. 279–286, 2023, doi: 10.31949/infotech.v9i1.5357.

A. M. A. Rahim, G. A. Suni, S. Sasi, G. C. Pangestu, M. Fainsenem, and M. Arsyad A, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Mengetahui Pola Pembelian Di Starcomp Jogja,” Jurnal Ilmiah Intech : Information Technology Journal of UMUS, vol. 2, no. 01, 2020, doi: 10.46772/intech.v2i01.187.

A. Syahrul and A. Solichin, “Rekomendasi Pemilihan Mata Kuliah Dalam Pengisian Rencana Studi Mahasiswa Dengan Penerapan Algoritma Apriori,” Teknologi Informasi dan Komputer, vol. 79, no. 1, 2022.

I. Kurnawan, F. Marisa, and D. Purnomo, “Implementasi Data Mining dengan Algoritma Apriori untuk Memprediksi Tingkat Kelulusan Mahasiswa,” Jurnal Teknologi & Manajemen Informatika, vol. 4, no. 1, pp. 204–209, 2018.

F. Freddie, Y. Kurnia, R. Arijanto, and Y. Yakub, “Perancangan Aplikasi Web Dengan Menggunakan Algoritma Apriori Pada Data Mining Untuk Mengetahui Pola Pembelian Konsumen PT Cipta Tunggal Elektronik,” Algor, vol. 3, no. 1, pp. 71–82, 2021, doi: 10.31253/algor.v3i1.640.

A. R. Wibowo and A. Jananto, “Implementasi Data Mining Metode Asosiasi Algoritma FP-Growth Pada Perusahaan Ritel,” Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 10, no. 2, p. 200, 2020.

I. Qoniah and A. T. Priandika, “Analisis Market Basket Untuk Menentukan Asossiasi Rule Dengan Algoritma Apriori (Studi Kasus: Tb.Menara),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 26–33, 2020, doi: 10.33365/jtsi.v1i2.368.

E. Febriantho, Dram Renaldi, Yakub, “Penerapan Association Rule Data Mining Untuk Rekomendasi Produk Kosmetik Pada Pt. Fabiando Sejahtera Menggunakan Algoritma Apriori,” Algor, vol. 2, no. 1, pp. 1–11, 2020, doi: 10.31253/algor.v2i1.437.

A. KHOLIK, “Implementasi Data Mininng Pola Pemilihan Menu Restoran Menggunakan Algoritma Apriori,” Epub.Imandiri.Id, 2020.

S. Mardani, “Implementasi Metode Association Rules Dengan Algoritma Apriori Untuk Pola Pembelian Konsumen Di PT. Sehati Bangunan Abadi,” Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa FTI, vol. 2, no. September, pp. 453–462, 2023.

N. Devita Sari and S. Khoiriah, “Penerapan Metode Asosiasi Pada Toko Afifa Dengan Algoritma Apriori,” Teknologi Informasi & Komputer, vol. 1, no. 1, pp. 8–17, 2022.

Downloads

Published

31-05-2024

How to Cite

Robby Suganda, & Achmad Solichin. (2024). Analisis Transaksi Penjualan Produk Minuman Kopi Menggunakan Metode Association Rule Dengan Algoritma Apriori. KRESNA: Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 23–32. https://doi.org/10.36080/kresna.v4i1.132